13 Mei 2019 14:33

Kejar Serapan Anggaran 512 Miliar, Bupati Boltim: Jangan Asal Buat Program

MyPassion
Sehan Landjar

MANADOPOSTONLINE.COM---Sudah triwulan dua penyerapan anggaran Boltim baru diangka 17,21 persen atau sekira Rp 119 miliar. Dari target Rp 631 miliar.

 

Artinya Pemkab Boltim harus mengejar serapan anggaran sebesar Rp 512 miliar. Hal ini pun dibenarkan oleh Kaban Keuangan Daerah Boltim Oskar Manopo. "Serapan anggaran memang masih jauh dari target. Sampai Mei ini sekira 17,21 persen," sebutnya, ketika ditemui pekan lalu.

Dia pun menekankan alasan lambatnya penyerapan anggaran tersebut. Yakni, semua Dana Alokasi Khusus (DAK) belum ada yang dijalankan. Karena anggaran dan kontrak belum ada yang masuk. "Semua DAK belum ada yang jalan. Karena memang anggarannya belum ada. Jadi wajar serapan anggaran masih jauh dari target," jelasnya.

Akuntan senior BMR tersebut pun membeber lemahnya serapan anggaran hampir sama disetiap SKPD. Dia tak menyebutkan SKPD mana yang serapannya paling sedikit. "Berbicara SKPD, hampir semua sama. Penyerapan anggaran mereka juga kan bergantung pada anggaran yang masuk. Karena anggarannya belum masuk, bagaimana kegiatan mereka jalan," katanya.

Dia meyakini tahun ini serapan anggaran Boltim tetap mencapai target yang ada. "Pasti capai target. Karena kami akan terus mengingatkan semua SKPD untuk mempercepat penyerapan seperti tahun sebelumnya," dia meyakini.

Menanggapi hal ini, Bupati Boltim Sehan Landjar meminta kepada semua SKPD untuk mempercepat serapan anggarannya. Karena kurangnya serapan anggaran bisa mempengaruhi Dana Alokasi Umum (DAU) tahun depan. "Semua SKPD harus dan wajib menggejar serapan anggarannya. Agar target yang telah ditetapkan bisa terealisasi," pintanya.

Bupati dua periode tersebut pun menegaskan kepada seluruh SKPD untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang kurang penting untuk menghabiskan anggaran. Artinya semua anggaran yang ada harus mampu digunakan untuk hal baik dan bermanfaat. "Jangan lakukan kegiatan yang tidak penting. Karena mengejar serapan anggaran jadinya sembarangan melakukan menjalankan program. Itu tidak bisa. Gunakan anggaran dengan sebaik mungkin dan sesuai aturan yang ada," dia mengingatkan.

Ketua DPW PAN Sulut itu pun berharap, tahun ini serapan anggaran Boltim bisa sesuai target. "Besar harapan serapan anggaran tahun ini bisa capai target. Agar ke depannya bisa lebih baik lagi," kunci lelaki bersio Kelinci tersebut. (tr-01/ite)

Kirim Komentar