13 Mei 2019 15:32

Dugaan Penyelewengan Dandes di Mitra Segera Ditindak

MyPassion
David Lalandos

MANADOPOSTONLINE.COM—Inspektorat Kabupaten Mitra memastikan sejumlah dugaan penyalahgunaan dandes di Mitra, segera ditindaklanjuti. Hal ini ditegaskan Kepala Inspektorat Kabupaten Mitra  David Lalandos.

 

"Saya baru selesai mendampingi BPK selama 40 hari saat melakukan pemeriksaan di Mitra. Tapi saya pastikan setelah ini semua kasus-kasus yang berkaitan dengan  dandes bakal dituntaskan," tegas Lalandos Jumat kemarin.

Bahkan dia menyebut, dugaan kasus-kasus tersebut bakal disidangkan di Inspektorat. Namun pihaknya masih berkoordinasi dengan Tim Majelis TGR Pemkab Mitra, terkait dengan proses sidang nanti. "Karena Mejelis TGR itu,  tim gabungan diantaranya Sekkab sebagai ketua majelis, Inspektorat, Asisten I, Asisten III dan Kaban Keuangan," tandasnya

Sebelumnya, sebagaimana pernyataan mantan Kepala Inspektorat Robert Rogahang yang sudah purna bakti, bahwa di Kabupaten terdapat 12 dugaan kasus penyalahgunaan dandes. Namun menurut Lalandos, yang potensi TGR tidak sampai 12 desa berdasarkan LHP. “Yang dipastikan TGR salah satunya kasus penyalahgunaan dandes di Malompar Utara, itu sudah pasti ada TGR berdasarkan LHP nya. Jadi Kumtua Malompar Utara ini, Kami pastikan meminta pertanggungjawabannya pada sidang majelis TGR nanti," kata Lalandos.

Jika sudah disidang dan kumtua tersebut tidak mau pengembalian TGR, Lalandos mengatakan, pihaknya akan meneruskan ke pihak penegak hukum. “Kalau kumtuanya tidak kooperatif, tentu kita rekomendasikan ke kejaksaan," jaminnya.

Lalandos menuturkan, pihaknya akan membentuk tim penyelesaian kerugian negara. Hal itu dilakukan berdasarkan perintah undang-undang.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar