11 Mei 2019 13:40

Sampai Triwulan II Belum Melakukan Pencairan, Dandes 109 Desa di Bolmong Terancam Hangus

MyPassion
Ilustrasi dana desa.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Dana desa (dandes) 109 desa terancam hangus. Sebab dari 200 desa di Kabupaten Bolmong, hingga triwulan dua baru 91 desa yang mencairkan dandes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmong Yani Damopolii, melalui Kabid Pemdes Isnaidi Mamonto menyampaikan, pada umumnya desa yang belum cair dandes dikarenakan belum melengkapi persyaratan administrasi penyaluran dandes. "Memang agak rumit. Karena persyaratan pencairan dandes tahap I harus memasukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)," bebernya. 

Dia menjelaskan prosedur pengurusan persyaratan dandes, berawal dari pemdes menyusun APBDes, selanjutnya dibawa ke tingkat kecamatan untuk diverifikasi, setelah itu baru dibawa ke DPMD Bolmong. "Jika APBDes ada koreksi dari kecamatan tentu harus diubah lagi. Tapi jika sudah tidak ada koreksi, baru di bawah ke DPMD," jelasnya. 

Menurut dia, dalam penyaluran dandes tahun ini terbagi dalam tiga tahap (lihat grafis, red). "Dandes bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), ADD diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAU) dan DBH diambil dari kontribusi pajak desa," katanya.

Sebelumnya, Kepala DPMD Bolmong Achmad Yani Damopolii mengatakan, pihaknya bersama inspektorat serta dinas terkait dalam waktu dekat ini akan turun ke desa-desa untuk melakukan evaluasi terkait penggunaan dandes. "Karena DPMD bertanggung Jawab mengawasi dan peninjauan penyaluran dandes," katanya.

Menurut dia, seharusnya pemdes segera memasukkan pengajuan agar bisa diproses secepatnya, mengingat batas pemasukan berkas sudah dekat.

"Seharusnya pemdes segera memasukan berkas agar pencairannya cepat dilakukan, guna kemajuan pembangunan di desa," pungkasnya. (cw-03/ite)

Berikut Daftar Sumber Dandes Bolmong:

1. APBN Rp. 160.098.475.000
2. ADD Rp. 59.810.475.000
3. DBH Rp. 2.784.217.000

Sumber:  DPMD Bolmong

Kirim Komentar