11 Mei 2019 09:41

Liputo Kursi Terakhir, Adriana-FER Suara Terbanyak di Manado

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Akhirnya pleno penghitungan suara tingkat provinsi khusus KPU Kota Manado digelar, kemarin, di Hotel Sintesa Peninsula. Dari hasil pleno ini, Adriana Dondokambey menjadi peraih suara terbanyak khusus caleg DPR RI. Srikandi PDI Perjuangan ini mendapatkan 35.006 suara. Di posisi kedua caleg NasDem, Felly Estelita Runtuwene dengan 20.787 suara.

 

Kemudian, seperti sudah diberitakan sebelumnya, satu kursi Golkar milik Adrian Jopie Paruntu. AJP sapaan akrabnya, meraih 70.621 suara. Unggul tipis dari rekan separtainya Jerry Sambuaga yang mendapatkan 69.160 suara. Hasil suara tersebut mengukuhkan PDI Perjuangan meraih tiga kursi untuk DPR RI, NasDem dua kursi, dan Golkar satu kursi.

Selanjutnya untuk kursi DPRD Provinsi Sulut, Amir Liputo dari PKS meraih kursi ke delapan. Unggul tipis dari Demokrat. Dari pantauan, hujan interupsi masih mewarnai pleno KPU Manado di tingkat provinsi.

Wakil Ketua DPC PDIP Kota Manado Jeffry Polii membeber hasil pleno Tuminting ditolak beberapa partai. Karena pencermatan partai dari proses pertama masih terjadi kekeliruan angka. "PDIP mencurigai ada sesuatu di Tuminting. Karena dari pleno ada 5 berita acara yang masih kabur," ucapnya.

Menurut dia karena dikejar agenda rekapitulasi di tingkat provinsi maka KPU Manado akhirnya membawa hasil yang menurutnya masih keliru. "Kami rasa ada pelanggaran administrasi dan pelanggaran yang terindikasi kepada pidana pemilu yang harus diproses sesuai uu pemilu nomor 7, kami akan serahkan kepada pihak terkait dan itu secara resmi sudah kami sampaikan," pungkasnya.

Ketua KPU Manado Sunday Rompas saat dikonfirmasi mereka sudah lakukan tugas sebagaimana mestinya. "Artinya semua kejadian khusus dan keberatan sudah berusaha kami tindaklanjuti. Semua saksi dan Bawaslu tandatangani berita acaranya," ucapnya. Dia mengklaim pleno Manado sudah selesai dan ada hasilnya.(tr-05/gel)

Kirim Komentar