11 Mei 2019 14:03

Fasilitas Rumah Sakit di Sitaro Mendesak, Warga Sakit Parah Dirujuk ke Manado

MyPassion
Evangelian Sasingen (paling kiri) bersama jajaran Pemkab Sitaro, berdiskusi perwakilan Kemenkes-RI di Jakarta, baru-baru ini.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM---Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Ria Papalapu dan Kepala Bapelitbang Agus Poputra, melakukan audiensi bersama Kementerian Kesehatan terkait rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama di Bumi Karamando. Kunjungan kali ini, diterima Kasubag TU Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kemenkes-RI Anwar A R SKM.

Orang nomor satu Sitaro ini ketika diwawancarai, usai pertemuan berharap pemerintah pusat lebih khususnya Kemenkes-RI. Dapat menganggarkan dan menindaklanjuti rencana pembangunan fasilitas kesehatan milik pemerintah, pertama di Kabupaten Kepulauan Sitaro. .

"Mengingat terbatasnya jumlah sarana dan fasilitas kesehatan publik di daerah kepulauan. Kami tentunya sangat berharap, apa yang sudah disampaikan tadi bisa ditindaklanjuti pemerintah pusat,” ungkap Sasingen.

"Karena hingga saat ini, di Sitaro khususnya di Pulau Siau, baru tersedia RS Lapangan di Sawang. Namun, dari sisi fasilitasnya kurang memadai. Selain itu, lokasinya juga kurang representatif," terangnya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Ria Papalapu menambahkan, dengan kondisi tersebut membuat pasien yang akan dioperasi. Maupun yang menerima perawatan intensif, harus di rujuk ke Manado.

“Menggunakan kapal laut, itu pun dengan waktu perjalanan empat jam. Tentu kondisi ini sangat riskan. Sehingga jika dengan hadirnya RS Pratama nanti, pastinya akan sangat membantu masyarakat. Di sisi lain, kemudahan mengakses layanan ini makin dekat,” papar dia. (drp/jul)

Kirim Komentar