10 Mei 2019 09:28

Tertolong Suara Partai, Ditumbangkan Pendatang Baru

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Dinamika politik di Sulawesi Utara banyak meninggalkan cerita, usai pencoblosan hingga penetapan rekapitulasi. Mulai dari calon legislatif yang lolos hanya karena tertolong suara partai.

Caleg yang sudah tiga kali nyalon dan terpilih terus. Kemudian ada yang tersial, karena terdepak dari legislatif hanya dengan selisih suara sangat tipis dari pendatang baru.

Untuk caleg yang masuk kategori termujur, menurut Pengamat Politik Dr Welly Waworundeng, semua organisasi partai peserta pemilu, sudah bekerja keras. “Yaitu disukai dan dipilih oleh rakyat. Semua partai peserta pemilu dengan segala kemampuan sumber daya yang ada dan strategi yang terbaik untuk memperoleh hasil maksimal dalam kompetisi pemilu 2019,” sebut dia.

Lanjutnya, semua yang dicapai oleh partai dan para caleg sedikit atau banyak suara rakyat, itu sudah melalui proses kerja keras yang panjang.

“Apapun hasilnya itulah pilihan rakyat, dan memang sepertinya ada cerita kemudian seperti ada kemujuran. Tetapi sebenarnya tidak, karena semua melalui proses kompetisi. Hasil kompetisi ini rakyatlah yang menentukan,” terangnya sembari menyebutkan ada caleg yang akan duduk sebagai anggota dewan walaupun sepertinya karena ada faktor kemujuran.

Lebih jauh dikatakan Waworundeng, kuncinya partai dan para caleg sebelum ikut pemilu sudah melakukan persiapan. Ada sekian banyaknya faktor yang dapat menentukan para caleg disenangi dan dipilih oleh rakyat.

“Salah satunya adalah faktor figur yang mungkin dinilai telah banyak berbuat, sehingga usia tua seperti Pak Robby Longkutoy tetap dipilih bahkan mendulang suara terbanyak,” tandas dia.

Pengamat politik Dr Charles Tangkau menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi faktor determinan sebagai penyebab yang teridentifikasi. Diantaranya, pertama caleg anak dari kepala daerah.

Nah, hal ini sangat berpengaruh kuat untuk menghimpun suara dengan menggerakan dan menggunakan kapasitas atau kewenangan dan power yang dimiliki termasuk dengan mengerahkan birokrat di jajarannya walaupun hasil pengamatan tidak semua juga berhasil,” ujarnya saat di wawancarai.

12
Kirim Komentar