10 Mei 2019 14:31

Inspektorat Periksa Dandes 83 Kampung di Sitaro

MyPassion
Marlon Dalentang

MANADOPOSTONLINE.COM---Dalam mencegah penyalahgunaan dan pertanggungjawaban Dana Desa (Dandes, red) yang kurang optimal. Jajaran Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sitaro, direncanakan bakal turun melakukan audit di 83 kampung yang ada di Bumi Karamando. Hal tersebut ditegaskan Bupati Evangelian Sasingen. Kata Sasingen, pemeriksaan tersebut, nantinya akan dilakukan secara bertahap.

 "Dalam waktu dekat mereka (Inspektorat, red) segera bekerja. Jadi dimulai dari desa yang kapitalaunya akan memasuki masa akhir jabatan," beber Sasingen.

"Khusus untuk yang akan maju kembali sebagai calon kapitalau, pemasukan surat verifikasi desa telah diaudit jadi salah satu syarat mutlak. Tanpa itu, kapitalau petahana, tidak akan kita akomodir pencalonannya. Nanti Panitia Pilkades juga akan mengecek khusus kepala desa petahana, terkait administrasi desa khususnya pengelolaan Dandes," terang Sasingen lagi.

Sementara itu Kepala DPMD Sitaro Marlon Dalentang mengatakan, untuk tahun ini ada sekira 38 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di Bulan Agustus mendatang. "Dan itu menjadi fokus utama Inspektorat untuk melakukan audit," tuturnya

Ia juga mengingatkan kepada seluruh kapitalau untuk memperhatikan proses perekrutan bendahara desa ke depan. "Sebab di zaman teknologi seperti ini, pastinya seluruh bendahara desa maupun tim pengelolaan keuangan desa, harus benar-benar memahami penggunaan IT. Karena saat ini ada aplikasi sistem pengelolaan keuangan desa yang digunakan, dan itu nantinya menjadi keharusan untuk seluruh desa," pungkasnya.(drp/jul)

Kirim Komentar