10 Mei 2019 13:54

Danau Mooat `Kejar` Target PAD 27 Juta

MyPassion
Rasno Sugeha

MANADOPOSTONLINE.COM---Tahun ini target retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Danau Mooat dinaikan. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Rasno Sugeha, kemarin.

Dia menjelaskan, jika sebelumnya target yang dibebankan sebesar Rp 25 juta. Tahun ini menjadi Rp 27,8 juta. Naik sebesar Rp 2,8 juta. "Tahun lalu target PAD mencapai 99 persen. Sehingga tahun ini dinaikan," jelas.

Dia membeber, hingga Mei ini  retribusi yang sudah disetor Dispar  ke Badan Pengelola Keuangan Boltim sebesar Rp 12,3 juta. Menurut dia, retribusi tersebut berasal dari tarif pengunjung yang masuk ke lokasi Danau Mooat sesuai Perda nomor 26 tahun 2014. "Tarif pengunjung baik anak-anak dan dewasa hingga kendaraan berkisar Rp 1.000- Rp 5.000," sebutnya.

Dia pun menekankan, sejauh ini beban PAD baru diberikan khusus Danau Mooat. Karena tempat wisata yang lain masih terkendala dengan izin. Kemungkinan, jika wisata lain sudah ada izin PAD akan dinaikan Pemkab. "Semuanya bertahap. Jika Danau Mooat sudah berhasil dan akan terus meningkat setiap tahunnya, Insya Allah akan berimbas juga pada tempat wisata lainnya," katanya.

Terpisah, Sekkab Boltim Muhammad Assagaf mengharapkan semua PAD yang ditargetkan bisa sepenuhnya tercapai. Karena 2019 Boltim memiliki target PAD sebesar Rp 17,8 miliar. "Saya harap semua target PAD yang diberikan bisa tercapai bahkan lebih, agar perekonomian Boltim akan terus meningkat," tutup Assagaf. (tr-01/ite)

Kirim Komentar