09 Mei 2019 15:53
ROR: Pasti Dievaluasi Kedepannya

Staf DPRD Minahasa Doyan Pelesir

MyPassion
Royke Roring

MANADOPOSTONLINE.COM—Kebiasaan kunjungan kerja (Kunker) ternyata tak hanya dimiliki para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Minahasa. Agenda “pelesir” ini nyatanya, turut digandrungi para staf di Gedung Manguni.   Dikatakan sumber yang juga bertugas di DPRD Kabupaten Minahasa. Agenda keberangkatan anggota dewan, baik Pansus maupun Komisi di DPRD Minahasa. Pastinya, selalu diikuti staf Sekretariat Dewan.

“Kunker atau konsultasi baik dari Pansus maupun Komisi, yang menangani satu ranperda.  Yang rata-rata beranggotakan 6-8 Anggota Dewan. Sebanyak itu juga, staf dari Sekretariat Dewan yang ikut,” ujar sumber yang enggan namanya dikorankan. Otomatis, kata dia lagi, hal tersebut berujung pada membengkaknya jumlah SPPD yang harus dikeluarkan.

“Wajar dan sah-sah saja, jika konsultasi tersebut menghasilkan Perda atau kerja sama dengan pemerintah maupun pihak swasta lainnya. Yang muaranya pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan warga Minahasa. Nah, kalau tidak? Artinya hanya sekedar seremonial atau menghabiskan anggaran saja,” kritik Pengamat Politik Charles Tangkau.

Sama halnya dengan Pengamat Politik Ferry Daud Liando. Yang menyorot kinerja para wakil rakyat dan staf di DPRD Minahasa tersebut. Kata dia, produktivitas para wakil rakyat harusnya bisa lebih berimbang dengan volume kunker yang tinggi.  

“Sepertinya cocok, anggota dewan nya hobi pelesir, stafnya juga tak mau kalah. Padahal, sejak menjabat hingga hampir periode selesai. Tak lebih dari dua Perda Inisiatif saja yang dihasilkan. Bayangkan dengan pagu anggaran miliaran rupiah, tapi selama menjabat hanya dua Perda Inisiatif saja yang dihasilkan. Harusnya para staf, juga ikut mengingatkan dan mendorong kinerja para wakil rakyat. Bukan ikut-ikutan “travelling” juga,” ketusnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Minahasa Royke O Roring berjanji, bahwa masalah keberangkatan staf Sekretariat Dewan yang mendampingi tugas kerja legislatif akan dievaluasi lagi ke depannya.

"Saya minta ke Sekwan yang baru, supaya memperhatikan keberangkatan pegawainya. Pastinya untuk efisiensi anggaran tetap menjadi perhatian kita," tukas ROR sapaan akrabnya. (tr-03/jul)

Kirim Komentar