09 Mei 2019 15:23

Kartini di Gedung `Pala` Berkurang

MyPassion
Ilustrasi.(Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM---Keterwakilan kaum perempuan sebagai legislator di Bumi Karamando, mengalami penurunan. Pasalnya, di periode 2014-2019 para kartini (wakil rakyat perempuan) setidaknya meraih 30 % dari akumulasi jumlah keseluruhan berjumlah 20 legislator atau enam kursi. Sedangkan, di Pileg 2019 ini, berdasarkan pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara KPU Sitaro, representatif kaum perempuan dipastikan hanya berjumlah 25% atau lima kursi.

Lima politisi perempuan yang berhasil lolos, dari masing-masing dapil yakni, Evelyn Lolowang, Youlanda Halim utusan Dapil I, Juana Tumbio di Dapil II serta Julinda Tatemba dan Maria Badoa dari Dapil III. Menariknya, tiga dari lima legislator perempuan ini merupakan pendatang, sedangkan dua adalah petahana.

Perjuangan lima srikandi ini pun tidaklah mudah. Sebab mereka harus berkompetisi dengan para lawan politik yang kebanyakan adalah kaum adam. Namun dalam pertarungan menuju Gedung Pala memang banyak menghasilkan kejutan, khususnya Dapil I, dimana kedua srikandi pendatang baru ini, berhasil mengalahkan para petahana pria, seperti Woldewin Sasue (Golkar) yang juga Wakil Ketua DPRD, serta Benyamin Kanarang.

Intelektual Muda Sitaro Okjen M Kansil SAP mengatakan, saat ini para kaum hawa sangat diperhitungkan, dalam konstelasi politik di Sitaro. "Sebab perempuan saat ini telah menduduki berbagai posisi penting, bahkan kepala daerah saat ini adalah keterwakilan perempuan. Tentunya kemunculan para srikandi ini juga tak luput dari UU No. 2 Tahun 2008 yang mengamanahkan parpol untuk menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30% dalam pendirian maupun kepengurusan," jelasnya.

Ia pun berharap para “Kartini” ini dapat membawa perubahan dan dampak pada kualitas dalam keputusan yang diambil. "Sebab kehadiran kaum hawa sebagai legislator memang sangat diperlukan, apalagi berbicara terkait kebijakan. Mereka diharapkan jadi aspirator khususnya kaum hawa," kuncinya. (drp/jul)

Berikut Wakil Rakyat Perempuan di DPRD Sitaro:

Dapil I
- Evelyn Lolowang
- Youlanda Halim

Dapil II
- Juana Tumbio

Dapil III
- Julinda Tatemba
- Maria Badoa

Total : 5 Orang atau 25% dari 20 kursi

Kirim Komentar