09 Mei 2019 15:29

Awasi Penggunaan Dandes, Sitaro Terapkan Aplikasi OMPEKKA

MyPassion
Evangelian Sasingen

MANADOPOSTONLINE.COM---Dalam mewujudkan pengelolaan Dana Desa yang efektif dan efisien, serta dapat dipertanggungjawabkan. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro menerapkan, aplikasi Online Monitoring Pengelolaan Keuangan Kampung (OMPEKKA) yang merupakan implementasi Kasda Online Versi 2.0. Bupati Sitaro Evangelian Sasingen mengatakan penerapan OMPEKKA ini sangat baik, sebab Pemkab bisa langsung memonitori lima tahapan pengelolaan keuangan desa.

"Mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban. Tentunya,  lewat aplikasi ini akan mempermudah pengawasan dari hulu ke hilir, sehingga meminimalisir kemungkinan penyalagunaan Dandes," terangnya.

“Kecenderungan kepala desa di Sitaro bisa merugikan negara. Karena, banyak yang belum paham betul bagaimana mengelola Dandes. Utamanya di hal administrasi,. Untuk itu pemerintah kabupaten berinisiatif memperkecil kemungkinan, terjadinya kesalahan yang bisa berakibat fatal, salah satunya dengan penggunaan aplikasi ini," jelasnya lagi.

Sementara itu, Kadis DPMD Marlon Dalentang menambahkan, saat menggunakan aplikasi ini, dan ditemukan administrasi desa tidak beres. Maka, otomatis proses pencairan Dana Desa akan tertahan, sampai adanya perbaikan dokumen, sesuai persyaratan. "Jadi ini akan lebih aman istilahnya, untuk mencegah kerugian negara," tukas Dalentang. (drp/jul)

Kirim Komentar