08 Mei 2019 08:54

Waspada! Sulut Tempat Transit Teroris

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Sulawesi Utara (Sulut) dinilai jadi tempat transit teroris. Pasalnya sejak tahun 2016 hingga 2019 (Mei), sudah empat teroris yang ditangkap di tanah Nyiur Melambai selang tahun 2016 hingga 2019 (lihat grafis).

 

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo membenarkan penangkapan tersebut. “Tim Densus 88 bergerak memang super senyap saat melakukan penangkapan di Pelabuhan Bitung,” sebut Tompo.

Menurut perwira tiga melati tersebut, sebenarnya Densus 88 bakal meringkus kedua terduga teroris saat berada dalam kapal. “Namun karena mempertimbangkan situasi dan kondisi. Densus 88 menunggu sampai keduanya turun ke pelabuhan dalam perjalanan laut dari Papua.”

Lanjut Tompo, dari hasil pemeriksaan petugas. Keduanya bukan warga Sulut. “Iya bukan warga Sulut. Jadi keduanya rencananya mau melanjutkan perjalanan laut ke Poso, Sulawesi Tengah,” tandas Tompo.

Kapolres Bitung AKBP Steven Tamuntuan juga membenarkan adanya penangkapan terduga teroris di wilayah hukumnya. “Ya benar. Ditangkap di pelabuhan Bitung oleh Tim Densus 88 dan langsung dibawa untuk diinterogasi dan diproses lebih lanjut,” singkat Tamuntuan.

Pengamat terorisme Sulut ikut berkomentar terkait penangkapan tersebut. “Dengan adanya penangkapan ini. Sebaiknya masyarakat Sulut bisa lebih mawas diri dan lebih teliti dalam mengawasi kegiatan para pendatang yang ada di wilayah kita masing-masing,” sebut Pengamat Konflik Atas Nama Agama dan Terorisme Toar Palilingan Jr MH, saat wawancarai Manado Post kemarin.

Lanjut Staf Pengajar Tetap Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado ini, yang perlu diwaspadai juga orang-orang yang terindikasi membawa pemahaman yang radikal. “Hal ini bukan hanya menjadi tugas aparat tapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama,” tuturnya.

123
Kirim Komentar