08 Mei 2019 08:32

Dua Pekan Elpiji Langka, Kepolisian Ambil Alih

MyPassion
Ilustrasi. (Dok MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Menyambut Idul Fitri, gas elpiji bersubsidi ukuran 3 Kg terjadi kelangkaan di Bolaang Mangondow Raya (BMR). Yoan (44) warga Kelurahan Biga, Kota Kotamobagu mengaku sudah hampir dua Minggu gas elpiji 3Kg terjadi kelangkaan. Padahal gas ini merupakan kebutuhan utama warga. “Kami berharap pemerintah dapat menyelesaikan masalah kelangkaan elpiji,” ujarnya.

 

Senada juga diungkapkan Alinda Gobel warga Sondana, Kabupaten Bolsel. Dia mengatakan, kelangkaan sudah dialami warga Desa Sondana sejak 1 pekan sebelum memasuki ibadah suci Ramadan. "Gas elpiji susah didapat,” katanya.

Untuk menjaga terjadi kelangkaan, Kepolisian Sektor (Polsek) Urban Bolaang Uki mengambil alih penyaluran gas elpiji. Kapolsek Kompol Baharudin Samin mengatakan, hal ini dilakukan untuk menghindari distribusi gas yang tidak tepat sasaran.

"Karena kelangkaan ini bukan hanya terjadi di Bolsel, bahkan di provinsi Gorontalo juga mengalami kelangkaan. Itu sebabnya kami mengambil tindakan untuk mengawasi distribusi gas kepada para warga," ujarnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication and CSR MOR VII Sulawesi Hatim Ilwan menjelaskan, untuk pemakaian LPG PSO (bersubsidi), pihaknya menambah pasokan sebanyak  239 Metrik Ton (MT) atau setara 79.667 tabung per hari dan disebar di seluruh titik di Provinsi Sulawesi Utara.

“Angka tersebut, meningkat 8,6 persen dari konsumsi harian normal sebesar 220 MT atau setara 73.333 tabung per hari,” ujarnya.

Menurut dia, khusus untuk LPG Non PSO, Pertamina juga telah menambah stok harian sebesar 4 persen yaitu dari 20 MT menjadi sebesar 21 MT.

“Kami  berharap dukungan masyarakat, pemda serta pihak aparat untuk saling bersinergi meningkatkan pengawasan dan pengendalian konsumsi BBM dan LPG, khususnya elpiji subsidi 3 Kg, sehingga bisa tepat sasaran dan sesuai peruntukkannya,” jelas Hatim. “Jika ada pangkalan dan agen yang bermain curang, kami siap memberikan sanksi tegas. Silakan dilaporkan kalau ada temuan," tutupnya.(jul/ite/gnr)

Kirim Komentar