08 Mei 2019 11:59

Anak Asuh Dibiayai Hingga Sarjana, Pemkab Boltim Siapkan Kuota 500 Mahasiswa

MyPassion
Oskar Manoppo

MANADOPOSTONLINE.COM—Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim menyiapkan 500 kuota untuk beasiswa anak asuh.

 

Kepala Badan Keuangan Boltim Oskar Manoppo mengatakan, pihaknya akan segera menyeleksi para penerima beasiswa anak asuh. "Data mahasiswa masuk 457 orang. Berkas baru 152 orang. Rencananya kuota untuk bantuan anak asuh sebanyak 500 mahasiswa per-tahun," ungkap Manoppo.

 

Lanjutnya, untuk program anak asuh, pada tahun ini ada persyaratan yang harus dipenuhi, karena akan dibiayai hingga sarjana. "Awalnya program anak asuh untuk mahasiswa hanya dibiayai selama dua semester, namun pada 2019 ini dibiayai sampai sarjana,” katanya. “Persyaratan tahun ini lebih ketat, karena harus ada surat kurang mampu, kuliah minimal satu tahun, keterangan belum terima bidik misi, kartu mahasiswa, kartu keluarga dan KTP serta persyaratan lainnya," jelasnya.
 
Manopo menekankan, akan melakukan survei terhadap mahasiswa yang masuk pada program tersebut. "Pemerintah daerah tetap melakukan survei terhadap mahasiswa anak asuh sebelum melakukan pembayaran semester per tahun Rp 5 juta," sebutnya.

Terpisah, Bupati Boltim Sehan Landjar mengatakan, tujuan program itu adalah untuk peningkatkan SDM di Boltim. "Tujuan anak asuh untuk meningkatkan SDM agar lebih baik. Dan jumlahnya banyak, saya berpikir banyak anak Boltim putus kuliah karena terkendala biaya. Maka dikeluarkanlah program anak asuh," tuturnya.

Selain itu kata Bupati, Pemkab Boltim sudah menyiapkan anggaran untuk program itu. "Pemkab menyediakan  Rp 2,5 miliar," tandasnya.  (tr-01/ite)

Kirim Komentar