07 Mei 2019 14:30
Lamalo: Ya Mau Buat Apa

Hanura Cs `Kemalingan` Kursi di DPRD Bitung

MyPassion
Ilustrasi.(Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Di tengah kegembiraan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) meraih kursi signifikan di DPRD Bitung, ternyata ada partai lain yang kebalikannya. Bahkan ada yang sebelumnya mendapat kursi, kini ‘kemalingan’ alias tidak ada satu kursi pun didapat. Partai-parai itu yakni Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Padahal di periode sebelumnya Hanura mampu merebut dua kursi, PKB satu kursi, dan PPP satu kursi. 

Noldy Lamalo, Ketua Hanura Bitung, ketika dikonfirmasi mengaku tidak bisa berbuat banyak. “Ya mau buat apa? Biar kader siap jika tidak didukung dengan finansial, ya seperti itu. Susah sekarang kalau hanya mengandalkan kualitas saja tanpa didukung finansial,” katanya.

Dia pun menuding, kebanyakan caleg yang jadi saat ini karena praktik money politics. “Ya karena serangan fajar. Itu sudah rahasia umum,” jelasnya.

Dia menambahkan salah satu yang membuat pamor partainya menurun, yang berdampak pada kader dan caleg, karena masalah kepengurusan di tingkat nasional. “Juga di Bitung sendiri ada konflik lalu,” katanya.

Terpisah, aktivis sekaligus pemerhati politik Bitung, Rio Lumantauw mengatakan, partai yang tidak lagi mendapat kursi disebabkan beberapa alasan. Pertama, bisa disebabkan manajemen partai yang mengatur formasi caleg di setia dapil tidak tepat. Kedua, karena pamor partai dan caleg tersebut menurun di mata masyarakat. “Ketiga, karena memang benar-benar caleg tersebut juga tidak berkualitas dan tidak mampu merebut hati pemilih. Karena terbukti partai lain bisa meraup suara signifikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bitung Deslye Sumampouw mengatakan, pleno tingkat kota memang sudah selesai. Tapi untuk hasil resmi akan diketahui 22 Mei nanti. “Nanti tanggal 22 (Mei, Red) penetapan nasional melalui agregator situng KPU,” singkatnya.(can)

Kirim Komentar