06 Mei 2019 08:09

The Doctor Kesulitan Taklukan Bayi Alien

MyPassion
MARC Marquez berhasil meraih kemenangan di MotoGP Spanyol 2019, disusul Alex Rins dan Maverick Vinales. (AFP/GABRIEL BOUYS)

PEBALAP Repsol Honda Marc Marquez menjadi juara MotoGP Spanyol 2019 di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Minggu (5/5), dengan mengalahkan pebalap Suzuki Alex Rins.

Marquez langsung memimpin balapan di tikungan pertama setelah melakukan start yang impresif. Andrea Dovizioso sebenarnya memasuki tikungan pertama di posisi kedua, namun kemudian harus turun ke posisi enam setelah Franco Morbidelli tampil agresif dari sisi dalam.

Marquez sempat mendapat tekanan dari duo Petronas Yamaha, Morbidelli dan Fabio Quartararo, hingga balapan berjalan delapan lap. Tapi, perlahan tapi pasti The Baby Alien mulai membangun jarak di posisi terdepan. Memasuki lap kesembilan, Marquez sudah unggul lebih dari 1,1 detik atas Morbidelli.

Dua pebalap pabrikan Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, mengalami kesulitan untuk memperbaiki catatan waktu saat balapan. Hingga lap kesepuluh, Vinales masih tertahan di posisi lima. Sedangkan The Doctor, Rossi terpuruk di posisi sepuluh.

Perubahan terjadi di posisi kedua pada lap ke-10 ketika Quartararo menyalip Morbidelli yang melakukan kesalahan di tikungan enam. Di momen ini Marquez sudah memiliki keunggulan hampir dua detik di posisi terdepan.

Bencana bagi Quartararo terjadi saat balapan menyisakan 12 lap. Sepeda motor Yamaha M1 yang ditunggangi pebalap asal Prancis itu mengalami masalah girboks dan tidak mampu mengubah gigi. Kondisi itu dimanfaatkan Rins untuk menyodok ke posisi dua.

Setelah sempat tertahan Jack Miller di posisi sepuluh hingga melebihi pertengahan balapan, Rossi mulai bangkit dan menyalip Miller di tujuh lap tersisa. Perlahan tapi pasti Rossi melewati Morbidelli dan Cal Crutchlow untuk berada di posisi enam.

Persaingan podium ketiga berlangsung menarik antara Vinales dan Dovizioso. Duel Vinales dan Dovizioso terjadi hingga tikungan terakhir. Marquez akhirnya berhasil meraih kemenangan di MotoGP Spanyol 2019, disusul Rins dan Vinales.(gnr)

Kirim Komentar