06 Mei 2019 12:33

Sah! Ini Peraih Kursi DPRD Minahasa

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM--Pleno tingkat Kabupaten Minahasa diketahui sudah selesai. Namun, penetapan calon yang akan duduk di DPRD Minahasa oleh KPU Minahasa akan digelar usai dikeluarkannya surat rekimendasi dari Mahkamah Konstitusi.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Minahasa Lord Malonda. Dirinya menyebutkan, pihaknya akan melakukan penetapan calon apabila sudah dikeluarkannya surat dari Mahkamah Konstitusi yang menyatakan tidak ada gugatan dari partai politik.

"Untuk penetapan secara nasional akan dilangsungkan tanggal 22 Mei nanti. Setelah itu dibuka proses gugatan di MK apabila ada partai politik yang akan menggugat. Jika tidak, tiga hari setelah dikeluarkannya surat rekomendasi dari MK, maka KPU Minahasa sudah bisa lakukan penetapan," jelas Malonda saat dihubungi Minggu (5/5) tadi malam.

Sejumlah nama muncul dengan perolehan suara signifikan. Untuk Dapil I Glady Kandouw mampu menjadi peraih suara terbanyak dengan 3474 suara. Dapil II ada nama Braldo Korengkeng. Putra Sekkab Minahasa ini mampu mendulang 3954 suara. Untuk Dapil III ada Robby Longkutoy.

Mantan Wakil Bupati Yahukimo Papua ini menjadi peraih siara teebanyak di DPRD Minahasa dengan meraup 4631 suara. Sementara Dapil IV suara terbanyak datang dari Srikandi Banteng asal Pineleng, yaitu Mourren Pongantung. Mourren mampu mendapatkan 3776 suara.

Diketahui perolehan kursi untuk DPRD di Minahasa sudah dapat dipastikan. Hal ini pun tentunya sudah menandakan posisi pimpinan DPRD akan di kuasai oleh 3 partai politik yang memperoleh kursi terbanyak.

Posisi Ketua DPRD masih milik PDI Perjuangan dengan perolehan 17 kursi. Sementara untuk posisi Wakil Ketua DPRD nampaknya masih juga dijaga oleh Partai Golkar. Yang menarik posisi Wakil Ketau DPRD selanjutnya terjadi pergeseran. Kursi Wakil Ketua DPRD selanjutnya dipastikan milik Partai Demokrat setelah berhasil mendapat 4 kursi.

Gerindra yang sebelumnya mengisi posisi Wakil Ketua DPRD, pada Pemilu ini hanya mendapat 2 kursi saja.

Ketua Demokrat Minahasa Hengky Roring, untuk penetapannya kita memang masih menunggu hasil dari KPU. "Kalau sudah ada penetapan dan dilantik. Yah barulah kita menentukan figur mana yang akan disiapkan," ungkapnya Jumat (3/5) lalu.

Lanjut dia, yang pastinya Partai Demokrat akan menggunakan mekanisme untuk menentukan posisi Wakil Ketua DPRD Minahasa.

"Pastinya, yang akan mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Minahasa dari Partai Demokrat, adalah figur yang berkualitas, integritas intelektual, integritas sosial, dan integritas moral," ujarnya.(tr-03)


Peraih Kursi untuk DPRD Minahasa dari perhitungan Saint League:

12
Kirim Komentar