06 Mei 2019 08:03

Banteng-NasDem Kans `Bentrok` di Tujuh Pilkada, Manado-Minut Terpanas

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Pleno perhitungan suara di 15 kabupaten/kota hampir tuntas. Hingga tadi malam, tinggal beberapa daerah yang masih melangsungkan salah satu tahapan pemilu ini.

 

Gambaran siapa yang meraih suara terbanyak di semua tingkatan sudah terlihat. DPR-RI, DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dan DPRD kabupaten/kota. Misalnya DPR-RI.

Tiga besar peraih suara terbanyak di Sulut adalah PDI Perjuangan, disusul Partai NasDem, dan Partai Golkar. Meski belum ditetapkan, namun PDI Perjuangan hampir pasti mengutus tiga wakil di Senayan. NasDem dua wakil, dan Golkar satu kursi di tangan.

Kemudian di tingkat DPRD provinsi. PDI Perjuangan sukses merebut 19 kursi. Atau naik enam, dari perolehan 2014 lalu 13 kursi. Yang menunjukkan peningkatan signifikan, bahkan menggeser parpol senior seperti Golkar, Demokrat, dan Gerindra adalah Partai NasDem. Delapan kursi hampir pasti digondol NasDem di pileg 2019. Padahal di periode sebelumnya, NasDem hanya mampu finish dengan dua kursi.

Untuk DPRD kabupaten/kota, PDI Perjuangan menguasai 11 kabupaten/kota. Menempatkan mereka di posisi ketua dewan. Golkar berhak duduk di kursi ketua dewan di Sangihe, Tomohon, dan Minahasa Selatan. Kursi Ketua DPRD Bolmong Timur dikuasai PAN. Di sisi lain, NasDem sukses meraih pimpinan DPRD di beberapa daerah. Misalnya di Manado, Bitung, Sangihe, Minut.

“Untuk DPR RI kita sudah capai target. Tiga kursi. Demikian juga DPRD provinsi. 19 kursi aman untuk PDI Perjuangan,” kata Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar. Dia menambahkan, meski gagal merebut kursi ketua dewan di empat daerah, namun rata-rata perolehan suara naik signifikan. “Misalnya di Minsel. Kita gagal, tapi perolehan kursi naik. Sekarang kursi kita 10,” tukasnya.

12
Kirim Komentar