04 Mei 2019 07:56

Besaran THR Ikuti Gaji Terbaru

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Besaran tunjangan hari raya (THR) untuk PNS di 2019 akan berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, THR pada tahun ini mengikuti peraturan gaji PNS yang berlaku saat ini. Para PNS sendiri sudah mendapatkan kenaikan gaji sebesar 5% untuk tahun ini.

“Nantinya, besaran THR yang akan diberikan juga akan mengikuti gaji baru yang telah naik itu. Mengikuti peraturan gaji yang berlaku,” tutur Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (KIP) KementerianPAN-RB Mudzakir, Jumat (3/5).

Sejak April 2019, gaji PNS naik 5%. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Selain mengikuti kebijakan gaji yang baru, THR PNS juga diproyeksikan cair bersama tunjangan kinerja (tukin), sama seperti kebijakan THR di tahun 2018. "Kita tunggu PP-nya keluar tapi InsyaAllah sebagai gambaran akan serupa dengan tahun sebelumnya," kata Mudzakir.

Apakah pensiunan PNS juga akan mendapat THR tahun ini? Mudzakir mengungkapkan, jika mengikuti aturan tahun lalu seharusnya PNS yang telah pensiun juga mendapat THR. "Sebagai referensi tahun lalu pensiunan dapat THR," kata Mudzakir.

Meski begitu, Mudzakir meminta agar menunggu keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) terkait THR untuk bisa memastikan apakah tahun ini pensiunan juga mendapat THR atau tidak. "Untuk kepastian kita tunggu PP-nya," tutur Mudzakir.

Sekadar mengingatkan, komponen THR tahun lalu meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Jenis komponen yang tertuang dalam PP Nomor 19 Tahun 2018 itu lebih banyak dari 2017 yang hanya terdiri dari gaji pokok.

Pemerintah pusat sendiri mengalokasikan belanja pegawai untuk pos belanja Kementerian/Lembaga dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp 224,4 triliun. Kemudian, untuk belanja pegawai di pos belanja non K/L sebesar Rp157,15 triliun.(gnr)

Kirim Komentar