02 Mei 2019 12:54

Sistem Zonasi Bawah Perubahan Untuk PPDB

MyPassion
Chatarina Muliana Girsang

MANADOPOSTONLINE.COM - Sistem zonasi sekolah akan membawah perubahan besar pada dunia pendidikan di tahun ini. Salah satunya adalah proses penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Chatarina Muliana Girsang SH SE MH Staf Ahli Menteri Bidang Regulasi Pendidikan dan Kebudayaan menuturkan sistem zonasi untuk mendekatkan siswa dengan sekolah. Sehingga tidak mencari sekolah-sekolah favorit dan berjahuan dengan rumah siswa.

"Jika mindset sekolah favorit dibenturkan dengan sistem zonasi maka tidak akan jalan," ujarnya saat selesai membawakan materi di Hotel Swiss Bell Maleosan Manado, Kamis (2/5).

Dia menjelaskan, ditetapkan terlebih dahulu. Caranya pakai kelurahan untuk zonasi 1, untuk sekolah dasar (SD) berapa kelurahan yang bisa ditampung. Katakanlah lima kelurahan di dua sekolah. Yang jadi prioritas anak usia 7 tahun untuk ditampung di Sekolah Dasar Negeri (SDN).

Di zonasi 2, misalnya hanya boleh tampung 3 kelurahan saja. Karena siswa di sana banyak. "Jadi tidak diharuskan tiap zonasi di kelurahan dan sekolah jumlahnya sama," katanya.

"Di sini kami ingin menghapus (sekolah favorit) dan menjadikan sekolah-sekolah kita nanti kualitasnya sama yakni favorit semua," kuncinya. (lin)

Kirim Komentar