02 Mei 2019 08:27

Ini Rekam Jejak Bupati Talaud

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM-Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) resmi menjadi Tahanan KPK setelah ditangkap KPK di Kantornya, Selasa (30/4). Manalip diduga menyalahgunakan APBD Kabupaten Talaud. Dia diduga menerima hadiah barang-barang mewah.(Tim MP)

Berikut Rekam Jejak SWM:

1. Sri Wahyumi Manalip sebelumnya adalah anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud.

2. Maju Pilkada 2013 Sri Wahyumi Manalip diusung Partai Gerindra, PPRN, dan PPDI.

3. Saat sudah menjadi bupati Talaud, Sri Wahyumi masuk menjadi anggota PDIP dan menduduki jabatan Ketua DPC PDIP Kabupaten Talaud.

4. Hubungan Sri Wahyuni dengan PDIP retak, hingga akhirnya dia dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPC PDIP Talaud, Oktober 2017.

5. Pada Pilkada 2018 ini, SWM maju lagi sebagai calon Bupati Talaud lewat calon perseorangan bersama Gunawan Talenggoran. Namun keduanya kalah dari pasangan Elly Lasut dan Moktar Parapaga.

6. SWM dibebastugaskan selama tiga bulan sebagai Bupati Talaud, akibat keberangkatannya ke AS 21 Oktober 2017 tidak mengantongi izin Mendagri.

7. SWM mengatakan, keberangkatan SWM ke AS untuk mengikuti program ekonomi maritime, bukan pelesiran alias jalan-jalan.

8. Selama menjadi Bupati Talaud, SWM mengantongi sejumlah penghargaan, terutama di sektor pariwisata.

9. SWM dikenal sebagai bupati cantik yang rajin blusukan ke wilayah Talaud yang terdiri kepulauan. Dia tetap berangkat blusukan meski kondisi laut sedang gelombang tinggi. Sesekali dia mengunjungi warga sambil mengendarai motor trail.

10. SWM juga dikenal sosok perempuan pemberani karena tak takut menempuh perjalanan antar pulau yang berada di laut lepas meski terkadang cuaca tidak mendukung.

11. SWM bahkan sempat bikin gempar masyarakat Talaud, gara-gara sempat hilang ketika menggunakan kapal saat pulang ke Talaud, usai kampanye di Sangihe tahun lalu. Beruntung kapal yang ditumpangi SWM bisa tiba dengan selamat di Talaud.

12. SWM mempertanyakan SK Pemberhentian dirinya sebagai Bupati Kepulauan Talaud. Dia menyampaikan apa yang menimpa dirinya merupakan sejarah dan pertama kali dalam kepemimpinan Presiden Jokowi-JK.

13. Lama tak terdengar usai pilkada, Senin (30/4) SWM tiba-tiba ditangkap KPK karena kasus dugaan suap. Ia dijemput KPK di kantornya.

Kirim Komentar