02 Mei 2019 15:02

BumDes di Minahasa Dituntut Siapkan Lapangan Kerja

MyPassion
Jeffry Sajow

MANADOPOSTONLINE.COM—Seluruh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di Kabupaten Minahasa, diminta untuk menggali potensi yang ada di masing-masing daerah. Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Jadi tujuan yang ingin dicapai.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Jeffry Sajow, baru-baru ini.

"BumDes diharapkan menggali potensi utama desa, yang dikelola oleh masyarakat dan tentunya mampu menyerap lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan indeks pembangunan desa tersebut,” papar Sajow.

Menuju hal tersebut, pentingnya penataan dan pemanfaatan pengelolaan aset BumDes. Yang menjadi modal utama, perlu mendapatkan perhatian serius dari pengurus BumDes. Bahkan, jika aset yang dikelola secara optimal, bukan tidak mungkin tingkatan kelas BumDes dapat tingkatkan dan berdampak tak hanya di dalam desa saja. 

"Saat ini di Minahasa 50 persen Dandesnya atau sekitar Rp 35 Miliar telah dikelola oleh BumDes. Itu angka yang tidak sedikit, mendorong sektro rill di masyarakat tujuannya. Maksimalkan dan manfaatkan dana tersebut,” serunya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Minahasa Frini Setaan mengatakan, masyarakat perlu menghilangkan kebiasaan cepat saji atau instan dalam menuju kesuksesan membangun BumDes.

"Manfaatkan teknologi  dalam pengelolaan BumDes, profit yang didapatkan dibahas bersama dan mufakat, akan diperuntukkan ke mana lagi? Kalau bisa di inovasikan ke beberapa sektor, tidak mentok pada satu bidang saja," tukasnya.

Mendengar masukan dari pengelola BumDes, pihaknya dalam waktu dekat siap menggelar sejumlah kegiatan guna menambah kreativitas masyarakat dalam mengembangkan BumDes.(tr-03/jul)

Kirim Komentar