02 Mei 2019 07:47

Barcelona Menang Telak 3-0

MyPassion
Barcelona membungkam Liverpool dengan tiga gol tanpa balas pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019. (Uefa.com)

MANADOPOSTONLINE.COM--Barcelona memetik modal penting pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019, Kamis (2/5) dini hari WIB. Menjamu Liverpool di Stadion Camp Nou, Barcelona menang dengan skor telak 3-0. Hasil tersebut membuat Liverpool dalam posisi tertekan karena minimal harus mencetak 4 gol dan tak kebobolan saat giliran menjamu Barcelona andai ingin melaju ke semifinal.

Bagi Blaugrana, keunggulan 3-0 memang menguntungkan. Namun, tim asuhan Ernesto Valverde tersebut pantang jemawa karena di sepak bola segalanya bisa terjadi. Terlebih di Liga Champions kerap diwarnai comeback kejutan.

Pahlawan kemenangan Barcelona atas Liverpool di Camp Nou adalah Lionel Messi dan Luis Suarez. Messi akhirnya memupus tabu tak pernah membobol gawang Liverpool. Seperti diketahui, sebelum laga ini dipentaskan, hanya gawang Liverpool yang belum pernah dibobol Messi. Sementara klub Inggris lain yang pernah dia hadapi sudah merasakan ketajamannya.

Sebelumnya, Messi (berkostum Barcelona) pernah dua kali menghadapi Liverpool pada 16 besar Liga Champions 2006-2007. Namun, dari dua laga itu, dia tak bisa membobol gawang Liverpool.

Tabu itu akhirnya pupus di Camp Nou, Kamis (2/5). Tak hanya satu gol, Messi langsung membukukan brace ke gawang Liverpool. Kapten Timnas Argentina itu menodai gawang The Reds yang dikawal Allison Becker pada menit 75 dan 82.

Gol pertama Messi pada menit 75 diawali kerja sama dengan Sergi Roberto dan Suarez. Messi memberikan umpan terobosan kepada Sergi Roberto yang kemudian meneruskan ke Suarez. Suarez melepaskan tembakan, namun bola membentur mistar gawang. Bola memantul ke depan dan dikuasai oleh Messi yang dengan mudah membobol gawang Liverpool yang sudah kosong.

Sementara itu, gol kedua Messi dilakukan dengan cara yang luar biasa. Dia melepaskan tendangan bebas langsung dari luar kotak penalti dan tak mampu diantisipasi oleh Allison.

Barcelona sendiri pada babak pertama mencetak satu gol lewat Suarez pada menit 26 usai menerima umpan dari Jordi Alba. Gol tersebut bagi Suarez bermakna ganda. Dia pun memecah telur di Liga Champions musim ini. Maklum saja, dari 8 laga sebelumya di Liga Champions musim ini, Suarez belum mampu mencetak gol. Artinya, ini menjadi gol pertamanya di Liga Champions 2018-2019.

Selain itu, untuk pertama kali Suarez menodai gawang Liverpool di ajang resmi, mantan klubnya, semenjak dia tinggalkan dan bergabung dengan Barcelona.

Dengan hasil ini, langkah Barcelona menuju final semakin mudah. Dengan demikian, treble winners masih dalam kontrol. Barcelona sudah menjuarai La Liga 2018-2019, berada di final Copa del Rey, dan kini menang 3-0 pada leg pertama semifinal Liga Champions.(jpc)

Kirim Komentar