02 Mei 2019 15:05

Anggaran `Jalan-Jalan` DPRD Minahasa Dipangkas

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM---Anggaran perjalanan dinas DPRD Kabupaten Minahasa Tahun 2019 bakal berkurang. Hal itu diungkapkan Sekretaris DPRD Minahasa Siby Sengke melalui Kabag Keuangan Nancy Mawuntu. Kata mawuntu, anggaran “jalan-jalan” tersebut berkurang sekira Rp. 1 Miliar.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, anggaran perjalanan dinas anggota DPRD sekira Rp. 7 Miliar. Nah, untuk tahun ini yang tertata hanya sekira Rp. 6 Miliar saja. Dan ini sesuai dengan kesepakatan bersama sebelumnya, ada mekanisme pembahasan artinya," ungkap Mawuntu.

Sementara Sekwan DPRD sebelumnya, Vicky Tanor mengungkapkan, dipangkasnya anggaran perjalanan dinas tersebut. Dikarenakan adanya pelaksanaan Pemilu serentak yang baru saja dilangsungkan.

“Kita juga harus berpartisipasi untuk suksesnya Pemilu. Dan untuk  hal tersebut, menelan anggaran yang tidak sedikit. Tak hanya anggaran perjalanan dinas anggota yang berkurang kok. Ada beberapa pos dana yang juga mengalami pengurangan,” beber Tanor.

"Pastinya jumlah perjalanan untuk tahun ini otomatis berkurang. Kalau misalkan tahun lalu, ada 5 kali keluar daerah, mungkin tahun ini tinggal 3 kali," ujarnya lagi.

Di sisi lain, Pengamat Politik Jovanno Palenewen menilai, turunnya anggaran perjalanan DPRD di tentu memiliki alasan tertentu, apakah di alokasikan ke kegiatan lain atau di pangkas untuk seimbangnya postur keuangan di Rumah Rakyat.

"Meski ada pemangkasan anggaran, di DPRD, diharapkan fungsi anggota legislatif tetap optimal. Dibuktikan dengan kinerja yang baik. Apalagi DPRD sebagai lembaga representasi masyarakat, penentu kebijakan yang berperan memperbaiki kesejahteraan rakyat yang diwakilinya,” ucap Akademisi Fispol Unsrat.(tr-03/jul)

Kirim Komentar