29 Apr 2019 15:17

Wabup Sitaro: SKPD Jangan Asal Susun Program Kerja

MyPassion
John Palandung

MANADOPOSTONLINE.COM---Setiap program kerja dari SKPD di Kabupaten Kepulauan Sitaro wajib tepat sasaran. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Sitaro John Palandung. Perencanaan yang matang dalam setiap rencana kerja jadi penentu berhasilnya program yang dijalankan nantinya. "Hal ini patut diseriusi, seluruh jajaran OPD, terlebih kepala SKPD-nya. Jangan sembarang menyusun program kerja, tapi outcome setelahnya tidak ada," kata Palandung.

Lanjutnya, seluruh tim yang ada dalam perangkat kerja, wajib memanfaatkan tiap kunjungan kerja yang telah dilakukan di sejumlah daerah sebelumnya. Melihat kondisi dan kebutuhan apa yang paling tepat untuk dilakukan. "Program seperti apa yang dibutuhkan masyarakat, apa yang tepat dalam menstimulus maupun memberikan bantuan, yang manfaatnya dapat dirasakan dampaknya secara nyata oleh sasaran kebijakan," jelasnya.

"Di sisi lain, perangkat daerah wajib memonitor dan mengawal seluruh program yang sementara direalisasikan, sebab hal ini meminimalisir kemungkinan terjadi kesalahan dalam penerapan kebijakan. Misalkan bantuan perahu, tentu saja kita wajib melihat sasaran penerima, setelah itu melakukan pendampingan agar bantuan dapat digunakan sebaik mungkin," ujarnya lagi.

Mantan Penjabat Wali Kota Bitung ini menambahkan, yang tak kalah penting, adalah evaluasi. Dan melihat efektivitas program yang sudah dijalankan. " Karena ini akan menjadi landasan selanjutnya, dalam perencanaan program kerja berikutnya, apakah masih diperlukan pemantapan atau tidak ," kuncinya. (drp/jul)

Kirim Komentar