29 Apr 2019 16:13
Mangala: Bukan Ajang Money Politics

2020, 99 Desa di Minahasa Gelar Pilhut Serentak

MyPassion
Jeffry Sajow

MANADOPOSTONLINE.COM---Sebanyak 99 Desa dari 227 Desa yang tersebar di Kabupaten Minahasa dipastikan bakal melaksanakan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) gelombang terakhir di tahun 2020 mendatang.

Diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa Kabupaten Minahasa Jeffry Sajow SH, jalannya layanan pemerintahan di  99 Desa yang akan melangsungkan Pilhut Serentak. Masih di jabat oleh Pelaksana tugas (Plt) atau Penjabat Hukum Tua.

"Ini Pilhut gelombang terakhir di periode ini. Jadi kita akan gelar pelaksanaan Pilhut Serentak di 99 Desa yang masih di jabat oleh Penjabat Hukum Tua," ungkap Sajow.

Dirinya juga menyebutkan, untuk anggarannya akan coba ditata dalam APBD Perubahan (APBD-P) tahun ini.

"Nanti untuk anggaran operasionalnya, kita akan coba tata anggarannya di APBD-P. Namun, jika tak memungkinkan, nanti dimasukkan dalam APBD Induk 2019. Dan anggaran pelaksanaan Pilhut ini tidak sedikit,” imbuhnya.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr Denny Mangala SH MSi, menjelaskan, Pilhut gelombang akhir ini bakal dilaksanakan tahun depan berdasarkan parameter yang menjadi syarat desa.

“Parameternya adalah, penjabat atau Plt kumtua di desa tersebut, masuk masa prioritas maka wajib dilaksanakan pemilihan. Kedua, mungkin ada masalah lain di desa yang mengharuskan untuk segera melaksanakan Pilhut, seperti penjabat yang sudah tidak disukai masyarakat setempat," jelas Mangala

Lanjutnya, dalam pelaksanaan Pilhut tahun depan, ketentuannya masih seperti pelaksanaan yang sebelumnya, bahwa tidak ada kampanye mengarah ke Money Politics.

 "Sejatinya, Pilhut tidak ada pesta pora, membuat bangsal, mengumpul masa dan tim sukses, tidak ada money politik dan bagi-bagi sembako serta sebagainya," tutup Mangala.(tr-03/jul)

Kirim Komentar