27 Apr 2019 09:21

KEK Pariwisata Sedot Investasi 26 Triliun

MyPassion
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua DRPD Andrei Angouw saat menerima Penghargaan The Rising Destination of The Year 2019 dari IMA. Penghargaan ini diberikan langsung Presiden Markplus Hermawan Kartajaya didampingi Menpar Arief Yahya. (Foggen Bolung/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang terletak di Likupang, Minahasa Utara (Minut) diyakini bakal lebih menggerakkan roda perekonomian daerah. Bagaimana tidak, investasi puluhan triliun bakal dikucurkan di lokasi ini.

 

Gubernur Olly Dondokambey pun membeber, ada sejumlah perusahaan asing yang bakal investasi di KEK Pariwisata Minut nanti. “Sekitar 26 triliun untuk investasinya,” sebut Gubernur Olly saat diwawancari koran ini di sela-sela menghadiri Jakarta Marketing Week (JMW) yang diprakarsai oleh Markplus di Atrium Mall Kota Kasablanka, tadi malam.  

Gubernur Olly bahkan membeber sejumlah perusahaan asing yang sudah dipastikan ikut mengucurkan investasi di KEK pariwisata. “Untuk perusahaan, ada investor dari Australia, Tiongkok dan Italia,” ungkapnya.

Selanjunya, mantan Anggota DPR RI ini menambahkan, untuk persiapan sudah cukup matang. “Kita meyakini bulan Juni ini, sesuai dengan keinginan pak menteri, kita sudah bisa meresmikannya,” kunci Gubernur Olly sembari berharap KEK ini dapat ikut mendongkrak ekonomi Sulut terlebih di sektor pariwisata.

Sementara, di acara yang sama, Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya yang turut hadir mengatakan, untuk meningkatkan pendapatan daerah, sektor pariwisata memang harus digenjot.

Yahya pun memuji Provinsi Sulut yang getol mengembangkan sektor pariwisata. “Apalagi dengan dibukanya penerbangan langsung dari Tiongkok yang sudah mendatangkan 120 ribu wisatawan Tiongkok di tahun 2018. Dan tahun ini bahkan menargetkan 200 ribu,” katanya.

Yahya yang baru saja dinobatkan sebagai salah satu dari lima menteri terbaik era pemerintahan Presiden Joko Widodo ini juga menyentil soal KEK pariwisata. Dia bilang, KEK pariwisata menjadi senjata daerah dalam memajukan ekonomi.

“Saya sudah lihat langsung rencana pembangunan KEK pariwisata di Sulut. Kesiapan sudah matang. Saya yakin, Juni nanti sudah bisa rampung,” pungkas Yahya.

Dalam acara JMW tadi malam, Sulut mendapatkan penghargaan sebagai The Rising Destination of the Year 2019 dari Markplus. Penghargaan ini sendiri diberikan Presiden Markplus Hermawan Kartajaya didampingi Menpar Arief Yahya. Penghargaan diterima Guberur Olly bersama Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw. (fgn/jul)

Kirim Komentar