27 Apr 2019 11:43

Bupati-Sekkab Bolmong Temui KPK

MyPassion
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow didampingi Sekkab Tahlis Gallang, dan Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone bertemu dengan KPK, kemarin.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tahlis Gallang menemui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Kantor Inspektorat Provinsi Sulut, Jumat (26/4) kemarin. 

Tahlis menjelaskan, pertemuan dengan KPK membicarakan terkait dengan Kegiatan Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) terutama dari aspek pengelolaan kas daerah, lebih khusus bagaimana strategi tentang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) disektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) melalui optimalisasi pendaftaran tanah atau objek baru PBB. 

"Selain itu juga dibahas optimalisasi PAD dengan memberdayakan potensi galian C, pajak hotel dan pajak restoran. Khusus pajak hotel dan restoran membangun kerjasama dengan pihak perbankan untuk membangun sistem aplikasi yang efektif dan dapat menjamin tidak terjadi kebocoran," ungkap Tahlis.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone menyampaikan, Inspektorat mendukung kebijakan pelaksanaan Korsupgah dibidang peningkatan PAD. "Termasuk di dalamnya pengawasan terhadap  pengelolaan dan penatausahaan kas penerimaan PAD, serta pengelolaan penerimaan pajak galian C yang juga pengawasaannya dilakukan dalam pengelolaan dandes," kata Rio. 

Dia mengimbau kepada seluruh SKPD pengelola PAD, agar cermat dan teliti untuk pencatatan. "Dan lebih intensif menggali potensi yang sudah ada namun belum ditagih, serta adanya potensi baru yang belum diverifikasi," pungkasnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar