26 Apr 2019 07:51
Tahun Depan Mulai dari Tingkat Kelurahan

Wali Kota Lomban Gagas Musrenbang Anak, Pertama se-Sulut

MyPassion
VISIONER: Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE MSi bersama Manado Post di Rumah Dinas Wali Kota Bitung, Kamis (24/4). (foto: Andre Repi/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Aspirasi anak-anak di Bitung bisa disalurkan langsung lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Baik Musrenbang tingkat kelurahan hingga tingkat kota. Ini tidak lepas dari ide inovatif Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE MSi yang menggagas Musrenbang Anak.

Menurut Lomban, gagasan Musrenbang Anak ini didasari pemikiran bahwa yang dilakukan saat ini semua untuk kepentingan bangsa dan negara, termasuk generasi penerus.

“Kita memperhatikan generasi penerus. Generasi penerus bukan hanya milenial. Tapi anak juga yang akan menggantikan milenial, dan kemudian milenial yang akan menggantikan kita,” ujarnya kepada Manado Post di Rumah Dinas Wali Kota Bitung, Kamis (25/4).

Lanjut Lomban, untuk membuat program tentang anak maka perencanaan seyogyanya harus melibatkan anak. “Karen bisa saja apa yang diinginkan anak tidak tercover dalam perencanaan pemerintah daerah. Sehingga mulai tahun ini, walaupuan tinggal di tingkat kota saja, kita mulai menerapkan. Nanti mulai tahun depan kita mulai dari tinggkat kelurahan,” jelasnya.

Dia beharap, dengan Musrenbang Anak, setidaknya apa yang diinginkan anak diakomodir dalam perecanan tingkat kelurahan. “Kemundian naik ke tingkat kota dan dirumuskan dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah, Red). Tahun ini sudah kita muat dalam RKP, walaupun tidak memulai dari bawah (tingkat kelurahan, Red),” katanya.

Untuk tahun depan, dia menjelaskan, anak-anak yang diwakilan, seperti utusan OSIS hadir langsung dan menyampaikan usulan dalam Musrenbang mulai dari tingkat kelurahan. “Hanya perutusan. Tidak mungkin semua anak. Misalnya dari OSIS SMP bahkan SD. Mereka yang menyampaikan apa yang mereka butuhkan, misalnya kebutuhan di lingkuan sekolah mereka atau lingkungan bermain,” jelasnya.

Menurut Lomban, program Musrenbang Anak ini baru pertama se-Sulut. “Kita ingin juga daerah yang lain mengikuti supaya bisa maju sama-sama,” katanya. (can)

Kirim Komentar