26 Apr 2019 00:55

Pembukaan Gebyar Hardiknas 2019 Meriah dan Sukses

MyPassion
Gebyar Hardiknas Sulut 2019, resmi dibuka di Aula SDM Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut, Kamis (25/4).

MANADO—Pembukaan Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Sulawesi Utara (Sulut) 2019 di Aula SDM Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut berlangsung meriah dan sukses, Kamis (25/4). Kegiatan ini atas kerja sama Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulut, Balai Bahasa Sulut, Balai Arkeologi Sulut, Dinas Pendidikan Daerah Sulut, BP PAUD dan Dikmas Sulut serta Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulut. Kegiatan ini dibuka Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Kandouw mengatakan Gebyar Hardiknas ini menjadi ajang untuk suplementer dan komplementer. Katanya, kita semua harus intropeksi, kontemplasi, refleksi dan evaluasi apa yang sudah dijalankan atau kerjakan di tahun ini. Untuk menjadi lebih baik di tahun depan.

Lanjutnya, perlu diingat bahwa dunia pendidikan ini merupakan guru dan kepala sekolah yang belum menerapkan merit sistem. Ini katanya merupakan penyakit dan perenungan bersama.

"Dunia pendidikan ini suatu hal yang sangat memerlukan perhatian khusus dan pengorbanan. Juga ekstra ordinary treatment. Tidak bisa berjalan sendiri-sendiri tapi baiknya kita berjalan bersama. Karena menurut pantauan yang terjadi sekarang sudah tidak sinkron lagi, dinas provinsi hanya mengurus SMA, SMK dan SLB. Sedangkan SD dan SMP oleh dinas kabupaten/kota. Jadi bagaimana jika kita menciptakan suatu sistem. Agar bisa sinkron dengan koordinasi vertikal," tukasnya.

Sekretaris Jenderal Didik Suhardi Phd menuturkan perayaan Gebyar Hardiknas ini mengandung makna bahwa kita ingin menunjukan sejauh mana kinerja pendidikan dan kebudayaan yang dilakukan di Sulut. Tentu semua pihak berharap kinerja pendidikan di Sulut sudah mencapai tingkat yang diharapkan baik akademik, non akademik, seni dan budaya. Yang katanya terpenting adalah pendidikan karakter. "Sehingga anak-anak kita kedepan siap menghadapi era globalisasi 4.0," ujarnya.

Dia berharap, setelah kegiatan ini selesai bapak/ibu pimpinan mempunyai catatan-catatan penting untuk kedepannya apa yang akan dilakukan baik dalam proses belajar-mengajar hingga kompetensi. "Sehingga anak-anak kita di Sulut tidak ketinggalan dengan anak-anak diprovinsi lain," kuncinya.

Sementara itu, Kepala LPMP Sulut Florens ST Panungkelan SE MPd mengatakan antusias siswa untuk mengikuti kegiatan Gebyar Hardiknas tahun ini terlihat pada semangat mereka mengikuti acara pembukaan. Khususnya anak-anak SD dan SLB. "Kiranya selama empat hari kedepan, yakni tanggal 26 sampai 29 Gebyar Hardiknas 2019 berjalan lancar dan sukses," harapnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut dr Grace Punuh MKes. Dia mengharapkan kegiatan ini menjadi momentum yang tepat bagi tercapainya sinergitas tiga komponen utama dalam mencetak generasi masa depan bangsa yang berkarakter. "Tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" kiranya menjadi inspirasi bagi semua pemangku kepentingan dan bidang pendidikan untuk segera mengantisipasi telminan dan cebiran negatif dengan menguatkan pondasi pokok Indonesia lewat pengembangan kualitas sumber daya manusia pendidikan dan kebudayaan untuk generasi emas 2045," tandasnya.(lin)

Kirim Komentar