26 Apr 2019 10:39

Jelang Bulan Puasa, Pasokan Elpiji Melon Ditambah

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Bukan jadi cerita baru, selang perayaan hari besar keagamaan atau momen sarat makna lainnya. Sejumlah kebutuhan pokok melambung tinggi harganya. Bahkan, kendati mahal, pemenuhannya pun masih susah untuk didapatkan.  Dikatakan Sales Retail Elpiji Sulut PT Pertamina Manado Parama Ramadhan menyatakan, pemakaian harian elpiji bersubsidi 3 Kg di Sulawesi Utara mencapai 200 Metrik Ton.

“Jika dikonversikan ke jumlah tabung, artinya per hari itu kita suplai elpiji bersubsidi ke masyarakat sebanyak 16,6 ribu tabung,” ungkap dia.

Memang, diakui pihaknya, jika permintaan elpiji bersubsidi jelang perayaan hari besar keagamaan, seperti bulan puasa, Idul Fitri dan Natal. Cenderung mengalami kenaikan, selang sebulan sebelum hari perayaannya. Olehnya, pihaknya siap menambah pasokan guna mengontrol harga jual elpiji melon di masyarakat.

“Jika dikalkulasikan perbulannya, dengan rata-rata konsumsi seperti itu. Artinya ada sekira 48 ribu tabung yang kita tambah guna mengamankan permintaan masyarakat. Jelang masuknya bulan puasa dan perayaan Idul Fitri nanti,” beber dia. 

Sembari mendorong penjualan tabung elpiji non-subsidi. Agar ketersediaan pasokan elpiji melon lebih terjaga.

“Yang perlu diingatkan justru, mereka yang berjualan tapi masih menggunakan elpiji bersubsidi. Dan kita intens melakukan pengecekan di lapangan. Sekali kedapatan mungkin masih bisa ditolerir, selebihnya ada sanksi pastinya,” serunya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong menyatakan, pengecekan stabilitas komoditas di pasaran terus dilakukan pihaknya. Termasuk dengan mengontrol ketersediaan elpiji bersubsidi bagi masyarakat.

“Ada sidak dan operasi pasar rutin yang kita lakukan. Jelang, saat dan sesudah perayaan hari besar. Kita telah berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Pertamina. Mereka (Pertamina, red) sudah menyanggupi, ada penambahan pasokan untuk elpiji melon jelang bulan puasa. Sampai di perayaan Idul Fitri nanti,” kata Wajong.(jul)

Kirim Komentar