26 Apr 2019 08:30

Banteng-NasDem Adu Kuat 2020, Golkar Bisa Jadi Penonton

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Hasil pemilihan legislatif 2019 bisa menggambarkan Pilkada serentak 2020. Khusus perebutan kursi gubernur, PDI Perjuangan dipastikan bisa mengusung tanpa koalisi. Sementara sang runner up, Partai NasDem, sementara menunggu hasil akhir di beberapa daerah pemilihan.

 

Dari hitung cepat, PDI Perjuangan nyaris merebut setengah dari 45 kursi di DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Banteng sudah mengamankan 18 kursi. Peluang bertambah masih terbuka. Dari dapil Nusa Utara dan Bolmong Raya. Sementara NasDem aman dengan tujuh kursi.

Belum dihitung kemungkinan perolehan dari Nusa Utara dan tambahan Bolmong Raya. Jika sukses rebut kursi di dua dapil sisa ini, maka NasDem raih sembilan kursi. Dengan jumlah ini, NasDem tak hanya mendapat satu fraksi utuh dan berhak di kursi pimpinan dewan.

NasDem juga bisa mengusung calon gubernur tanpa koalisi. Karena dalam aturan, untuk bisa mengusung wajib mengantongi 20 persen kursi di parlemen atau 25 persen suara. Artinya minimal punya sembilan kursi.

Dominasi NasDem mengalahkan Golkar. Beringin bisa mengusung calon tapi harus koalisi dengan parpol lain. Sejumlah figur pun mulai digaungkan di bursa gubernur. Dari PDI Perjuangan, nama petahana Olly Dondokambey santer terdengar.

123
Kirim Komentar