25 Apr 2019 10:05
Topang Pengembangan Bisnis Pariwisata

Oktober, 48 Menteri Kumpul di Sulut

MyPassion
Kepala Bappeda Sulut Ricky Toemandoek menghadiri rapat persiapan AIS pada Oktober nanti di kantor Menko Kemaritiman, kemarin.

Selain membahas isu-isu pariwisata dan kemaritiman. AIS juga akan mematangkan pelaksanaan pertemuan setiap kepala negara atau presiden peserta pada 2020 nanti.

Dan pada 2020 nanti, ada penetapan komitmen dari setiap kepala negara dalam menyikapi semua isu yang berkembang dalam forum AIS 2019 ini.

"Untuk tingkatan presiden, kita buat pada 2020. Dan pada Oktober ini semua menteri negara peserta bakal datang. Selain ada isu yang tetap dibahas, kita juga melakukan pertemuan untuk persiapan kedatangan setiap kepala negara peserta. Nanti pada forum presiden, akan ada komitmen pasti terhadap setiap isu yang dibahas dalam forum AIS 2019," ujar Ketua Panitia Lokal AIS tersebut.

Sementara itu, pengamat pemerintahan Dr Jhony Lengkong mengatakan, pemerintah Sulut harus mampu memanfaatkan pelaksanaan kegiatan kerja sama dengan beberapa negara asing tersebut. Itu menurutnya, akan sangat memberikan dampak positif dengan terjadinya kerja sama dalam penanganan kemajuan daerah.

"Sekarang ini kendala yang paling popular dihadapi oleh suatu daerah adalah keterbatasan APBD mereka dalam memenuhi belanja publik. Kebutuhan belanja publik terus meningkat sementara pendapatan daerah peningkatannya relatif lamban. Nah, dengan terjalinnya kerja sama dengan negara luar, maka peluang percepatan pembangunan daerah sangat besar. Karena itu, harus dimanfaatkan. Apalagi agendanya, pertemuan antara presiden harus manfaatkan dengan baik," sebutnya.

Keuntungan lain dari kerja sama dengan pemerintah negara luar juga, menurut Lengkong, pemerintah Sulut akan dapat mempunyai tingkat daya tanggap yang tinggi dalam menyikapi perkembangan masyarakat.

Serta dapat menjamin pelayanan pemerintahan yang tidak saja efisien dalam penyelenggaraannya tetapi juga sesuai dengan aspirasi masyarakat dalam substansinya. (tr-02/can)

12
Kirim Komentar