25 Apr 2019 10:05
Topang Pengembangan Bisnis Pariwisata

Oktober, 48 Menteri Kumpul di Sulut

MyPassion
Kepala Bappeda Sulut Ricky Toemandoek menghadiri rapat persiapan AIS pada Oktober nanti di kantor Menko Kemaritiman, kemarin.

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 48 menteri dari negara-negara kepulauan, pada Oktober nanti bakal berkumpul di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Sebanyak 48 menteri tersebut bakal menghadiri kegiatan Archipelagic and Island State (AIS).

Hal ini dibeberkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut Ricky Toemandoek, Rabu (24/4). Dalam AIS tersebut, banyak target dari setiap negara termasuk Indonesia, yang akan diperjuangkan khususnya pariwisata.

"Dalam AIS ini memang menjadi tempat untuk memperkenalkan dan membuka peluang bisnis potensi wisata, dari setiap negara peserta. Jadi kita bahas mendalam terkait pengembangan kawasan wisata yang berkelanjutan dan tentu bakal memberi manfaat masyarakat sekitar. Karena itu, target Sulut dalam meningkatkan pariwisata, bakal kita perjuangkan di sini. Agar 48 negara tersebut, mampu mendukung sektor pariwisata kita," tuturnya.

AIS ini, menurut Toemandoek, sangat penting bagi Sulut. Pasalnya dirinya menilai, semua pemangku kepentingan termasuk sektor swasta, komunitas, pemerintah serta lembaga swadaya masyarakat bakal membuat komitmen dalam menunjang sektor pariwisata bahari yang berkelanjutan. Sehingga, sangat menguntungkan bagi tuan rumah untuk memaparkan sejumlah isu yang ada di daerah saat ini.

"Memang wisata bahari atau sektor kemaritiman, akan dibahas secara mendalam di forum AIS ini. Karena itu, sangat menguntungkan bagi kita sebagai tuan rumah. Selain memaparkan sejumlah isu terkait pariwisata dan maritim, kita juga bakal mempromosikan agar investor dari negara peserta, dapat tertarik dengan Sulut. Dan tentu, ini sangat penting bagi kita dan harus dapat dimaksimalkan secara penuh," bebernya.

12
Kirim Komentar