25 Apr 2019 09:43
Duel Sengit FER vs HB dan JerSam vs AJP

NasDem-Golkar PANAS!!!

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Perebutan sengit masih terjadi di kursi DPR RI dapil Sulawesi Utara (Sulut). Paling panas terjadi di internal Partai Golkar dan Partai NasDem.

Kejar-kejaran suara juga terjadi di Partai NasDem. Partai yang melejit di pileg 2019 ini, dari data sementara menempatkan satu wakilnya di Senayan. Duel pun terjadi antara dua srikandi NasDem. Felly E Runtuwene (FER) dan Hillary B Lasut (HBL). Diketahui basis massa FER tersebar luas di 15 kabupaten/kota.Khususnya di Manado, Minut, Bitung, Minsel, Kotamobagu, dan Bolmong.

HBL merata. Putri pasangan Bupati Talaud terpilih Elly Lasut dan mantan Bupati Mitra Telly Tjanggulung ini diprediksi unggul jauh di Nusa Utara dan sebagian Minahasa Tenggara.

Pertarungan yang sama sedang dihadapi caleg Partai Golkar. Jerry Sambuaga (JerSam) dan Adrian Joppie Paruntu (AJP). Sampai saat ini, Sambuaga masih unggul dari Paruntu. Namun ini bisa saja berubah jika kantong suara AJP masuk.

Diketahui Sambuaga cukup kuat di Minahasa Raya, kepulauan, sebagian Bolmong, dan Tomohon. Sambuaga juga meraup suara signifikan di Kota Manado. Sedangkan AJP, unggul di Minsel. Putra Ketua Golkar Sulut Christiany Paruntu ini mendapat suara di Bolmong Raya serta Bitung.

Terkait panasnya persaingan memperebutkan kursi DPR RI, apalagi dalam internal partai, pengamat politik Sulut Goinpeace Tumbel, ini cukup seru. Karena menurut akademisi Unima ini, memang paling panas sesama partai.

“FER di-back-up lima pimpinan daerah. Ini sangat menguntungkan. Sedangkan HBL, orang tuanya sangat dikenal. Pernah Bupati Talaud dan kini bupati terpilih dan ibunya mantan Bupati Mitra. Pasti HBL menguasai dua daerah ini,” papar Tumbel.

Tambahnya, yang akan mempengaruhi suara para kandidat ini adalah Nusa Utara dan Bolmong Raya. “Jika suara dari Bolmong Raya dan Nusa Utara masuk 100 persen, maka makin jelas siapa yang sukses merebut hati masyarakat Sulut. FER atau HBL di NasDem dan JerSam atau AJP di Golkar,” kunci Tumbel.(Tim MP/gel)

Kirim Komentar