25 Apr 2019 12:31

Ini Empat Hal yang Disampaikan Bupati Minahasa Ke Jokowi

MyPassion
Roy O Roring

MANADOPOSTONLINE.COM – Kepala daerah di Sulut awal pekan ini  tatap muka dengan Presiden RI Ir Joko Widodo, Senin (22/4). Termasuk Bupati Minahasa Ir Roy O Roring. Kesempatan ini pun digunakan untuk mengajukan kebutuhan warga Minahasa.

Bupati Roring mengatakan, ada empat hal yang diungkapnya di hadapan Presiden. Di antaranya urgensi konservasi Danau Tondano, minimnya Dana Alokasi Khusus (DAK), pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah serta pengembangan sektor pendapatan warga Minahasa di bidang pertanian dan peternakan.

“Bersama Gubernur (Olly Dondokambey), saya baru pertama ke istana dan langsung ke ruang oval. Pak presiden menanyakan prioritas di Minahasa. Ada 4 hal yang saya sampaikan. Pertama konservasi Danau Tondano, yang rentan hilang dalam kurun waktu 30 tahun ke depan, kalau tidak segera ditangani. Danau Tondano merupakan sumber kehidupan bukan hanya warga Minahasa tapi juga rakyat Sulut. Menjadi sumber air minum, penggerak PLTA dengan total 65,8 KPA, mengairi sawah, serta sumber perikanan. Namun juga bisa membawa bencana ke wilayah Manado, karena banjir,” ujarnya di Tondano Rabu (24/4) kemarin.

Lanjut Bupati, alokasi DAK Minahasa juga masih minim. Terutama untuk membiayai rencana pembangunan rumah sakit, yang sudah tidak representatif jika dibandingkan jumlah penduduk Minahasa sebanyak 339 ribu jiwa lebih.

“Lalu terkait Dana Alokasi Khusus yang masih sangat terbatas. Berkaitan dengan rumah sakit kita yang masih kurang, sementara pembayaran BPJS (kesehatan) kita sudah 100 persen. Mengalir ke (rumah sakit) Tomohon dan Manado. Kalau ada rumah sakit Minahasa tentu dana tersebut bisa berputar di  sini,” ungkap Bupati Roring.

Selain itu pengembangan sektor pertanian dan perikanan yang melekat pada pendapatan warga Minahasa juga disampaikan pada Presiden RI.

“Lalu pertanian dan perikanan. Hal-hal itu bukan beliau (Presiden) dengar saja, tapi langsung diketiknya sendiri di gadgetnya. Kami diberikan kesempatan untuk menyampaikan apa yang kita dambakan di Minahasa, semoga tidak lama lagi terjawab. Apalagi presentasi pemilih Paslon 01 di Minahasa tertinggi kedua se-kabupaten/kota di Sulut. 89,1 sampai 90,7 persen, di bawah Tomohon 92 persen,” tandasnya. (Ctr-04)

Kirim Komentar