25 Apr 2019 13:23

11 Wajah Baru Diprediksi Duduk di DPRD Sitaro

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM - Pemilu telah usai, namun penghitungan dan rekapitulasi surat suara terus berjalan. Tingginya animo dan antusiasme warga, mencari tahu siapa yang nantinya jadi aspirator di rumah rakyat Bumi Karamando

Pengamat Politik Okjen Kansil mengatakan, berdasarkan data, ada sekira 11 hingga 12 wajah baru, punya kans kuat menjadi penghuni 'gedung pala'.

Seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) I, ada sekira empat hingga lima figur baru yang akan menjadi calon wakil rakyat. Partai penguasa PDIP, sepertinya mengutus tiga wajah baru. Sedangkan pesaingnya, Partai Golkar punya peluang mempertahankan figur lama plus pendatang baru.

"Yang sedikit memberikan kejutan adalah Perindo di mana pada Dapil I dan III, diisi oleh para pendatang baru di pentas politik Sitaro. Tentu ini membuktikan, bahwa kesadaran masyarakat untuk berpolitik sangat tinggi. Saya berharap, para figur baru maupun petahana ini, akan mampu membawa aspirasi masyarakat, saat diberikan amanah nantinya," ujar Kansil.

Sebab lanjut Kansil, sebagai legislator, sudah sepantasnya dan jadi kewajiban untuk menyuarakan keluh-kesah masyarakat. Atau berperan sebagai agen perubahan, jadi solusi ketimpangan sosial dalam masyarakat.

"Serta mengawal penuh, berbagai kebijakan maupun realisasi kinerja yang dilakukan eksekutif, sebagai mitra kerja," jelasnya.

Ia pun menilai, munculnya sosok baru ini, menunjukan kepercayaan masyarakat kepada orang baru semakin besar. "Mungkin ada beberapa penilaian dari masyarakat sehingga menentukan memilih sosok perwakilan yang baru. Utamanya adalah performa kinerja mereka yang dinilai mampu membawa perubahan, ketimbang figur lama," kuncinya.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Sitaro Toni Supit menyatakan, apresiasinya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sitaro. Atas kepercayaan dan kontribusi dukungan bagi, seluruh caleg utusan partai berlambang banteng ini. Hasil perhitungan sementara, yang mengindikasikan, PDIP sebagai "jawara" di Sitaro. Patut dijawab dengan kerja keras dan tanggung jawab.

"Misi kita jelas, menjadi penyambung lidah rakyat, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup wong cilik. Tentunya, capaian saat ini akan terus kita kawal, dan saya mengimbau bagi seluruh kader untuk dapat menahan diri dan bekerja optimal. Dan mempercayakan kepada penyelenggara jalannya tahapan rekapitulasi suara," ujar TonSu sapaan akrabnya. (don/jul)

Kirim Komentar