24 Apr 2019 14:15

Diduga Melibatkan Tim Sukses Oknum Caleg, Gakkumdu Bakal Garap Kasus Money Politics di Mitra

MyPassion
Ilustrasi.(Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Dugaan money politik yang melibatkan salah satu oknum calon legislatif (caleg) yang terjadi di Desa Wioi, Kecamatan Ratahan Timur, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) makin diseriusi. Kasus tersebut sudah diteruskan ke Bawaslu Kabupaten Mitra.

Dari informasi, kasus yang didapati langsung Panitia Pengawas Desa (PPD) ini, diduga melibatkan salah satu tim kampanye caleg yang dilakukan H-1 sebelum pencoblosan. Informasi tersebut ikut dibenarkan Ketua Panwaslucam Ratahan Timur Marvel Pandaleke. Kepada wartawan, dia mengakui proses selanjutnya sudah menjadi wilayah Bawaslu kabupaten untuk ditindaklanjuti sebagaimana peraturan perundang-undangan. “Iya memang sudah kita teruskan. Dalam kajian awal telah memenuhi syarat formil materilnya. Tetapi soal proses lanjutan sudah bukan kewenangan kami melainkan Bawaslu kabupaten. Apalagi ini soal dugaan tindak pidana Pemilu money politik,” terang Pandaleke, Selasa (23/5).

Dalam ketentuannya, Pandaleke menjelaskan jika dugaan pelanggaran pidana yang ditemukan atau dilaporkan, pihaknya hanya bisa melakukan kajian awal. Sebab jika memenuhi unsur, akan dibahas dalam sentra Gakkumdu. “Kita kan di kecamatan tidak punya sentra Gakkumdu. Maka dari itu alur penanganannya harus diteruskan ke Bawaslu kabupaten," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jobby Lungkutoy mengakui pihaknya telah menerima rekomendasi dari Panwaslucam Ratahan Timur terkait kasus money politics. “Betul kami sudah menerima rekomendasi dari Panwaslucam Ratahan Timur terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan salah satu oknum caleg. Dan rekomendasi tersebut telah kami teruskan ke pihak Gakkumdu tadi siang (kemarin). Putusannya seperti apa kita tunggu hasil dari Gakkumdu,” tandasnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar