24 Apr 2019 08:24

Banteng Mendominasi, Nusa Utara-BMR Penentu Kursi DPR RI

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Perolehan suara sementara untuk DPR RI masih dikuasai PDI Perjuangan. Dengan total suara 272.138 atau 43,68 persen. Disusul Partai NasDem 90.817 suara atau 14,58, dan Golkar 80.309 dengan persentase 12,89.

 

Hasilnya, PDI Perjuangan kans meraih empat kursi. Sisanya dibagi untuk NasDem dan Golkar. Data ini berdasar form C1, sudah hampir 50 persen. Namun belum termasuk perolehan suara dari Bolmong Raya dan Nusa Utara, yang masih dalam proses input.

Ketua PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey  mengatakan mereka masih optimis meraih tambahan kursi. “Sampai sekarang di perhitungan internal kami, berdasarkan form C1 sudah empat kursi. Pertama Ibu Adriana (Dondokambey), Pak Herson Mayulu, Ibu Vanda Sarundajang, dan terakhir Pak Jantje Sajow,” kata Gubernur Sulut ini.

Sementara NasDem menegaskan bisa raih dua kursi DPR RI. "Kami optimis dua kursi," tegas Komando Pemenangan Wilayah (Kompemwil) NasDem, Felly Estelita Runtuwene (FER).

Golkar pun menyatakan bisa pertahankan satu kursi. "Kita yakin dapat satu kursi,” sebut juru bicara Golkar Feryando Lamaluta.

Memang dari data, peluang PDI Perjuangan merebut tambahan satu kursi sangat besar. Kantong suara Bolmong Raya (BMR) milik Herson Mayulu belum 100 persen masuk. Sebagian data yang dihimpun Manado Post, PDI Perjuangan tampil maksimal di sana. Keenam caleg yang diusung PDI Perjuangan berhasil ‘mencuri’ suara di kantong-kantong lawan.

Terbanyak diraih Mayulu dan Adriana Dondokambey. Kemudian di Nusa Utara. Daerah tiga kepulauan ini diyakini milik PDI Perjuangan. Di Sitaro, Adriana menang karena kepala daerahnya adalah kader partai. Kemudian di Sangihe, head to head dengan Ririswati Katamsi, caleg Golkar untuk DPR RI.

Selanjutnya NasDem. Bukan tanpa alasan partai yang dipimpin Surya Paloh ini percaya diri meraih dua kursi. Lima daerah di Sulut dikomandani kadernya. Kemungkinan besar NasDem meraih suara signifikan di Kabupaten Talaud.

Karena salah satu calegnya, Hillary Lasut, sang ayah Elly Lasut merupakan bupati terpilih. Kemudian di BMR. NasDem tampil optimistis dengan duet Tatong Bara (Kotamobagu) dan Yasti Soepredjo (Bolmong). Suara signifikan diprediksi bakal dituai di dua daerah ini.

Golkar juga berpeluang menambah suara. Selain di Sangihe, ada juga di Kotamobagu. Sedangkan Demokrat, sementara mengejar kursi terakhir ke DPR RI. Melihat pada cara hitung saint league, Demokrat kian mendekati kursi keempat PDI Perjuangan.(gel)

12
Kirim Komentar