23 Apr 2019 09:09
Separuh Dari Total Anggaran

Menpar: Iven Pariwisata Butuh Sosialisasi Maksimal

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebanyak 14 iven lokal di Sulut resmi masuk calendar event nasional untuk tahun 2019. Bahkan, tiga diantaranya yaitu Festival Bunaken, Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) dan Tomohon International Flower Festival (TIFF) didaulat masuk dalam kategori wonderful event. Namun, iven bisa menjadi spektakuler jika dibarengi sosialisasi dan publikasi yang baik.

 

“Salah satu nilai yang sangat penting dalam penyelenggaraan iven nasional adalah communcation value. Di mana, iven besar harus dipromosikan besar-besaran juga,” sebut Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya di sela-sela launching Calendar Event North Sulawesi 2019, di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI, Jakarta, tadi malam (22/4).

Yahya yang diwawancarai langsung wartawan koran ini menyebut, kesalahan pemerintah daerah yang menyelenggarakan iven besar namun tidak maksimal adalah soal publikasi.

“Kebiasaan pemerintah daerah itu jika ada iven, 100 persen anggaran dicurahkan untuk penyelenggaraan iven tersebut. Nah pertanyaannya, apa hebatnya iven jika tidak ada yang tahu?” kritik Yahya.

Bahkan, katanya, proporsi anggaran yang paling efektif untuk publikasi itu adalah 50 persen dari total alokasi. “Kalau bisa fifty-fifty. Karena kita menyelenggarakan iven untuk diketahui banyak orang kan? Apa gunanya jika iven tersebut hanya disaksikan masyarakat setempat saja,” timpalnya.

Dia bilang, untuk alokasi 50 persen anggaran publikasi itu juga harus diatur dengan baik. “Jadi untuk total  anggaran sosialisasi itu dibagi, pre-event agar mengundang orang hadir, saat iven berlangsung, maupun post-iven untuk mempublikasikan kegiatan,” sebutnya.

Jadi dirinya mengimbau, pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota agar memperhatikan hal ini. “Mari kita menyelenggarakan iven yang baik dan  spektakuler karena ujung-ujunngnya juga untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan daerah itu sendiri,” pungkas Yahya.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Edwin Silangen mewakili Gubernur Olly Dondokambey sependapat dengan Menpar. Dia pun memastikan baik pemprov maupun dinas terkait di kabupaten/kota akan memperhatikan urusan sosialisasi iven.

“Betul sekali. Kita akan pastikan untuk iven-iven tahun ini akan memaksimalkan anggaran sosialisasi agar gaungnya tersebar luas. Ini hal yang baik untuk diperhatikan dinas terkait bahkan pemerintah daerah,” tukas Silangen didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang.

Dalam launching tadi malam, turut hadir sejumlah kepala daerah diantaranya Wali Kota Manado GSV Lumentut, Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Wali Kota Tomohon Jimmy Eman, Bupati Bolaang Mongondow Yasti Mokoagow dan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana serta kepala dinas pariwisata dari daerah-daerah di Sulut. (fgn/jul)

Kirim Komentar