23 Apr 2019 15:19

Human Error Sebabkan Rekap C1 di Minsel Tak Sinkron

MyPassion
Human error sering terjadi dalam perekapan pleno tingkat PPK. Hal ini tak bisa dipungkiri akibat faktor kelelahan dari penyelenggara.(Rangga/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kemarin merupakan hari ketiga jadwal pleno perhitungan suara tingkat PPK. Namun ternyata masih banyak hasil C1 tidak sinkron. Seperti yang terjadi di PPK Amurang, Panwascam Amurang mendapati ada formulir model C1 yang tidak sama dengan plano yang ada. Bahkan formulir model C1 kosong tak ada catatan. Hal itu membuat beberapa saksi partai melayangkan protes dan mendesak panitia membuka plano.

"Ada kasus itu terjadi di beberapa TPS di kelurahan Lewet dan Uwuran dimana jumlah suaranya tak sama dengan Plano. Jadi kami rekomendasikan planonya yang menjadi patokan," ungkap Ketua Panwascam Amurang Alfrets Mononimbar saat ditemui di kantor Kecamatan Amurang, Senin (22/4).

Hal itu juga dibenarkan Ketua PPK Amurang Adrie Tutu. Dia membenarkan bahwa ada kedapatan surat formolir C1 di beberapa TPS tidak sama dengan Plano. "Lewat kejadian ini kita semua sepakat berpatokan dengan data di Plano. Ini memang menjadi human error atau kelalaian semuanya karena memang tidak bisa dipungkiri semua penyelenggara pemilu cukup kelelahan sejak hari pencoblosan. Namun kita upayakan lebih maksimal dan lebih teliti lagi," tukasnya.(rgm/gnr)

Kirim Komentar