23 Apr 2019 15:26

Harga Rica Makin Pedas, Capai 85 Ribu Per Kilogram

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM - Harga komoditas cabai rawit (rica) di sejumlah pasar tradisional di Manado dan sekitarnya sentuh Rp65ribu hingga Rp85ribu per kilogram.

 

Tentu saja, sejumlah pengusaha bahkan ibu rumah tangga yang notabene mengkonsumsi komoditas ini mengeluh.
"Jadi memang, beberapa hari terakhir ini harga rica naik terus. Tentu saya sangat berharap harga kembali normal, karena pengeluaran rumah tangga jadi bertambah," imbuh Vivi, warga Karombasan.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut melalui kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Hanny Wajong mengatakan bahwa stafnya sudah melakukan pantauan dan harga di pasar tradisional masih di kisaran Rp65 ribu per kilogram.

"Akan diupayakan. Kenaikan harga yang seringkali terjadi pada hari besar keagamaan maupun musim penghujan, akan secepatnya diantisilasi dengan menambah stok dari beberapa daerah penghasil rica, seperti Makassar dan Surabaya. Saya kira Solusi ini yang akan secepatnya menstabilkan harga di pasaran," kata Wajong.

Dirinya pun menyampaikan, indikasi untuk melakukan permainan di lapangan, tidak akan terjadi. "Harga rica pada dasarnya tidak ada ketentuannya. Artinya naik turunnya harga sangat ditentukan oleh pasar. Namun, kita berupaya agar kenaikan tidak sampai menyebabkan inflasi," tambahnya.(gab)

Kirim Komentar