23 Apr 2019 14:55

Diprediksi Sabet 11 Kursi DPRD Kabupaten, Banteng Juara di Sitaro

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM---Usai perhitungan cepat yang dilakukan, susunan partai politik (Parpol) yang berpeluang menduduki kursi legislatif di Kabupaten Kepulauan Sitaro, mulai terlihat. Dari data yang berhasil dirangkum, PDIP sepertinya bakal menjadi penghuni yang mendominasi 'Gedung Pala' nantinya. Dengan sumbangan 11 wakil rakyat (lihat grafis, red) diikuti Perindo, Nasdem, Golkar dan Gerindra.

Dikatakan Pengamat Politik Okjen M. Kansil, SAP memang ada beberapa prediksi yang mungkin meleset untuk parpol lain. Namun, hal tersebut kecil kemungkinannya terjadi di partai besutan Megawati Soekarno Putri ini.

" PDIP hampir pasti mendapatkan 11 kursi, sebab dari hasil perhitungan di masing-masing Dapil. PDIP sepertinya punya kans besar untuk dominan di rumah rakyat nantinya. Hanya sedikit menurun raihan suaranya di Dapil I terutama di Pulau Makalehi. Namun di luar daerah itu, si moncong putih, terus menunjukkan perkembangan yang signifikan, untuk jumlah suara," urai Kansil.

Kansil menambahkan, meski PDIP mendapatkan jumlah setengah plus satu dalam kursi legislatif. Hal tersebut tak mempengaruhi jalannya proses demokrasi.

"Sebab dari 11 legislator ini, pastinya juga bakal berbeda pendapat, dan seharusnya wajib seperti itu. Dinamika saat pemilihan boleh, tapi saat diberikan amanah rakyat. Kepentingan umum wajib ditempatkan di tempat paling atas dan utama, memperjuangkan aspirasi dari masyarakat di Dapil masing-masing," bebernya.

Sementara itu, sejumlah Parpol, masih belum menanggapi terkait hasil hitung cepat tersebut. "Kami tetap masih menunggu keputusan resmi dari KPU. Sebab penyelenggara pemilu di sini kan KPU," kata Caleg Golkar yang enggan namanya dikorankan.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Toni Supit, terus mengimbau kepada seluruh kader partai, agar tetap mengawal jalannya perhitungan suara. "Jangan terbuai, mari kita kawal hingga selesai. Salam perjuangan," singkat Supit.(drp/jul)

Kirim Komentar