23 Apr 2019 15:05

4 TPS di Tomohon Bakal PSU, KPU: Tak Lewat 27 April

MyPassion
Stenly Kowaas

MANADOPOSTONLINE.COM—Tidak memenuhi syaratnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di sejumlah TPS di Kota Tomohon, jadi alasan pihak penyelenggara bakal menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU). Dikatakan Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Sosialisasi Stenly Kowaas. Ada 4 TPS di dua kecamatan yang nantinya akan menggelar PSU.

“Keempat TPS tersebut berada di Kecamatan Tomohon Timur dan Kecamatan Tomohon Barat.

Untuk Kecamatan Tomohon Timur, TPS yang bakal menggelar PSU, yakni di TPS 04 Kelurahan Paslaten Dua dan TPS 05 Kelurahan Rurukan. Sementara, di Kecamatan Tomohon Barat, masing-masing di TPS 05 Kelurahan Tara-Tara III dan TPS 07 Kelurahan Woloan II,” beber Kowaas, Senin (22/4) kemarin.

Lanjut dia, pelaksanaan PSU ini sesuai dengan rekomendasi rekan penyelenggara atau Pengawas Pemilu yang melihat adanya pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) plus kelalaian prosedural.

Kowaas menambahkan, untuk pelaksanaan PSU nantinya, dipastikan tidak lewat dari 10 hari pasca pelaksanaan Pemilu Serentak 17 April lalu.

“Dalam pleno KPU nantinya kita putuskan, kapan PSU akan dilaksanakan. Dipastikan tak lewat dari Tanggal 27 April. Hal ini juga telah koordinasikan bersama KPU RI, sekaligus menunggu logistik yang nantinya kita gunakan,” paparnya.

Pihaknya menyatakan, dalam pelaksanaan PSU juga, tidak seluruh TPS akan melakukan pemungutan suara dengan lima surat suara.

Terpisah, Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan menegaskan, kesalahan prosedural dan benar ada sejumlah pemilih yang TMS, yang jadi dasar PSU dilakukan di 4 TPS tersebut.

“Benar ada beberapa pemilih yang TMS dan tak sesuai prosedur, saat pemilihan tanggal 17 kemarin, itulah alasan kenapa harus PSU,” ujar Soputan. (tr-04/jul)

Kirim Komentar