22 Apr 2019 14:20
Bawaslu: Ada Pelanggaran

Tunggu Logistik, Dua TPS di Minahasa Bakal Gelar PSU

MyPassion
Ilustrasi.(Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM---Berdasarkan catatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa, ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah direkomendasikan untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Menyusul ditemukannya pelanggaran pada tahap pemungutan suara, tanggal 17 April lalu.

Dua TPS tersebut yakni, TPS 005 Desa Kembes II, Kecamatan Tombulu dan TPS 002 Desa Tember, Kecamatan Tompaso.

Dua TPS tersebut telah dikaji penyelenggaran Pemilu atau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa dan dipastikan akan melaksanakan PSU.

"Kami sudah lakukan kajian. Dan kedua TPS ini nantinya akan melakukan PSU. Untuk waktu tepatnya kapan, belum bisa dipastikan. Karena, kami masih menunggu logistik dari KPU RI," ungkap Ketua KPU Minahasa Lord Malonda, Minggu (21/4) kemarin.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh menyampaikan dua TPS yang direkomendasikan ke KPU, sudah dicek terlebih dahulu dan memang ada pelanggaran. Diantaranya, pemilih yang tidak memenuhi syarat, namun sudah terlanjur memberikan hak pilihnya.

"Seperti tidak terdaftar di DPT dan DPTb serta tidak memiliki KTP-El namun diperbolehkan untuk menyalurkan hak suaranya," katanya.

Lanjutnya, dengan rekomendasi yang diberikan. KPU wajib melakukan PSU di dua TPS tersebut.

"PSU ini sudah diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilu Pasal 372 dan Pasal 65," tandasnya.(tr-03/jul)

Kirim Komentar