22 Apr 2019 14:07
Figur Baru Melejit

Tegang, Caleg Golkar Tomohon Kejar-Kejaran Suara

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pertarungan memperebutkan 20 kursi di DPRD Kota Tomohon, sepertinya bakal menjadi ajang “pertaruhan” internal Partai Golkar. Ya, total suara partai besutan Airlangga Hartarto di Kota Bunga telah mencapai 28 ribuan.

Tak ayal, kader-kader beken plus incumbent semisal Frets Keles dan Piet Pungus harus berjibaku dengan, lawan dari internalnya sendiri. Di dapil kedua figur tersebut, hal mengejutkan terjadi dimana figur Toar Polakitan dan Jenny Sompotan bahkan menggerus tokoh-tokoh yang jemawa di Pileg 2014 silam.

Toar dan Jenny sendiri, meraup suara masing-masing 1.578 dan 1.436 (lengkap lihat grafis, red). Pun dengan nama-nama lama di Dapil I, sosok politikus muda nan bersahaja Christo Eman, sepertinya mampu menarik simpati pemilih milenial. Tak pelak, suara anak Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon ini mampu menembus angka 5.647. Justru incumbent Maria Pijoh disalib Donald Pondaag dengan capaian suara 1.400 atau selisih kurang lebih 500 suara.   

Di Tomohon Selatan, ketenaran dan ketokohan Miky Wenur nampaknya memberikan sumbangsih gemilang bagi istri Stefanus Liow ini. Hampir dipastikan menjuarai dapil paling ujung Kota Bunga, dengan raihan suara 2.644 suara. Selisih kurang lebih 200 suara dari pesaing terdekatnya Djemmy Sundah, setelahnya ada nama pendatang baru Pricilia Tumurang. 

Dikatakan Pengamat Politik Charles Tangkau, hasil optimal tersebut tak lepas dari dukungan dan kerja keras tim sukses. Meski begitu, dirinya meyakini hasil pasti penyelenggara bakal jadi penentu nanti.

"Ini mengindikasikan Partai Beringin masih terlalu tangguh di Kota Bunga, justru lawannya dar dalam partai. Karena partai yang punya perlawanan di kontestasi lalu semisal Demokrat dan PDI-P kurang solid tahun ini," ungkap Akademisi Unima ini.

Tangkau menambahkan, pemilih Tomohon berbeda dengan konstituen di daerah lain. Pasalnya, figur ketokohan masih punya andil dalam jalannya pesta demokrasi."Dan jangan lupa juga di balik banyaknya kursi yang diraih. Kinerja wali kota yang notebenenya Ketua  Golkar Tomohon sangat baik. Pembangunan dan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat benar-benar jadi prioritas. Tak sekedar mengurusi internal partai saja," pungkasnya.(tr-04/jul)

Kirim Komentar