22 Apr 2019 09:29

Jokowi Unggul di Kantong Suara Besar

MyPassion
Joko Widodo

MANADOPOSTONLINE.COM—Prabowo Subianto merebut tiga provinsi yang  dimenangi calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi pada Pemilu 2014. Yakni Jambi, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Selatan. Prabowo juga menang besar di basis lamanya. Seperti Jawa Barat, Banten, Sumatera Barat, dan Aceh. Kendati demikian, Jokowi tetap unggul berdasarkan hasil hitung cepat  berbagai lembaga survei. Apa rahasia keunggulan Jokowi?

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding mengatakan, perolehan suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menjaga keunggulan Jokowi secara nasional. "Tebalnya suara kami di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mendongkrak perolehan suara nasional," ujar Karding, dilansir dari tempo.co.

Lima tahun lalu, perolehan suara Jokowi di Jawa Tengah mencapai 66,65 persen, sedangkan di Jawa Timur 53,17 persen. Kali ini, Jokowi meraih 77,02 persen di Jawa Tengah dan 65,66 persen di Jawa Timur versi hitung cepat Indikator Politik Indonesia.

Di Jawa Tengah, selama ini memang dikenal sebagai kandang banteng alias kandang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang merupakan partai penyokong utama Jokowi.

Suara santri di sana juga relatif solid karena di Jawa Tengah terdapat sejumlah kiai berpengaruh di Nahdlatul Ulama, seperti Kiai Maimoen Zubair dari Rembang dan Muhammad Luthfi bin Yahya atau Habib Luthfi dari Pekalongan. Foto keduanya bersama Jokowi beberapa hari sebelum pencoblosan tersiar luas.

Sedangkan Jawa Timur, merupakan basis tradisional Nahdlatul Ulama. Sejumlah kelompok santri yang juga mendukung Jokowi, antara lain, Jaringan Kiai Santri Nasional atau JKSN. Kelompok ini dimotori Ketua Muslimat NU yang juga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Menurut Sekretaris JKSN Zahrul Azhar Asumta, lembaganya menjadi simpul yang menghubungkan kiai dan santri yang mendukung Jokowi-Ma’ruf.(tpc)

Kirim Komentar