22 Apr 2019 13:58

Bawaslu Minut Rekomendasikan PSU di Tujuh TPS

MyPassion
Rahman Ismail

MANADOPOSTONLINE.COM---Usai pencoblosan Rabu (17/4) lalu, sejumlah pelanggaran menjadi temuan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Minahasa Utara (Minut). Bahkan sebanyak 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS) direkomendasikan untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Minut Rahman Ismail saat dikonfirmasi membenarkan rekomendasi tersebut. Dibeberkannya sekira 7 TPS direkomendasikan untuk melakukan PSU.

"Temuan yang didapat, adanya warga tidak layak memilih namun sudah terlanjur memilih. Selain itu, ada A5 yang diduga palsu, saat ini sementara ditelusuri," kata Ismail.

Lanjutnya, temuan lain berupa surat suara tertukar, dan kelengkapan dokumen KPU. "Temuan seperti ini direkomendasikan kode etik ke KPPS. Ada juga temuan terkait KPPS yang tidak menempel pengumuman plano di TPS," pungkasnya.

Terpisah, Ketua KPU Minut Stella Runtu saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sementara mengkaji rekomendasi yang diberikan Bawaslu. "Saat ini kami sementara berkoordinasi dengan KPU Sulut," ujarnya.(ctr-03/ria)

Kirim Komentar