20 Apr 2019 09:54

Salah Pilih Partai, Pria di India Nekat Potong Jari

MyPassion
Ilustrasi. (Reuters)

MANADOPOSTONLINE.COM--Gara-gara salah pilih partai dalam Pemilihan Umum, seorang pria memotong jari telunjuknya. Hal itu terjadi di India.

Dilansir dari liputan6.com, sebuah video viral di medsos, Pawan Kumar mengaku bingung pada simbol-simbol mesin pemilihan elektronik di TPS.

Itulah yang menyebabkan dia salah memilih partai. Justru dia memilih Partai Bharatiya Janata (BJP), partai yang menaungi perdana menteri India, Narendra Modi.

Padahal, Kumar awalnya berniat memilih lawan regional BJP di negara bagian Uttar Pradesh, yang didukungnya.

Menyesal akan hal tersebut, Kumar pulang ke rumah dengan lesu dan kemudian memotong jari telunjuknya dengan pisau daging.

Dalam video yang viral itu, terlihat pisau daging tergeletak di tanah dengan darah segar yang menempel di permukaannya.

Video itu juga memperlihatkan Kumar berdiri seraya memegang perban yang menutup jari telunjuknya yang telah dipotong. Adapun jari yang dipotong hanya disorot sekilas, tidak begitu jelas.

"Saya ingin mendukung (partai berlambang) gajah, tetapi justru memilih bunga," katanya di video.

Bunga teratai adalah simbol BJP, sedangkan gajah adalah representasi untuk Partai Bahujan Samaj, yang merupakan bagian dari aliansi oposisi terhadap pemerintahan PM Modi di India Utara.

Di India, simbol partai digunakan sebagai opsi pilihan pada mesin pemungutan suara.

"Saya pulang dan memotong jari saya dengan pisau. Saya kecewa salah memilih," lanjut Kumar dalam video tersebut.

Masih dalam video yang sama, Kumar mengatakan bahwa dirinya murni mendukung Partai Bahujan Samaj, dan tidak ada tekanan atas sikapnya tersebut.

Diketahui, pemilu di India berlangsung secara maraton sejak 11 April lalu, dan akan berakhir pada 19 Mei mendatang.(lp6)

Kirim Komentar