20 Apr 2019 15:36

Potensi Enam Kursi, PAN Kans Ketua DPRD Boltim

MyPassion
Ilustrasi.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM---Pemilihan Umum (Pemilu) serentak telah selesai dilakukan. Perebutan kursi DPRD Boltim menjadi hal menarik untuk disimak. Hasil perhitungan suara sementara Partai Amanat Nasional (PAN) berpeluang besar merebut enam kursih. Bahkan bisa memimpin Ketua DPRD Boltim.  "Berdasarkan data yang sudah terkumpul saat ini PAN masih unggul dibadingkan partai lain,"  ungkap Kabid Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol Haris Mokoginta, kemarin.

Menurut dia, data tersebut masih bersifat sementara dan masih bisa berubah. "Data ini belum pasti. Bisa saja bertambah ataupun berkurang. Namun sejauh ini PAN memang masih memimpin suara terbanyak. Khsusus untuk dapil satu hasil sementara PAN memimpin," tekannya.

Sementara itu, Ketua DPP PAN Boltim Marsaoleh Mamonto menyebutkan, sampai saat ini PAN sudah mendapatkan sekira 10.000 suara. "Dapil satu enam ribu dan dapil dua empat ribu. Itu pun masih akan bertambah. Tinggal tunggu saja hasil pleno KPU," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Manado Post, kans Ketua DPRD Boltim dapat dipastikan akan direbut Fuad Landjar yang tidak lain adalah anak sulung dari Bupati Boltim Sehan Landjar. Hal ini tidak berlebihan karena berdasarkan data sementara caleg dapil satu PAN tersebut berhasil menyumbang suara terbanyak dibandingkan caleg lain dengan total suara dua ribuan. Itu dipastikan bertambah. Ada juga Titiek Mamonto istri dari Wabup Boltim Rusdi Gumalangit. Hingga kemarin, raihan suara yang didapat di dapil dua cukup signifikan. Maka potensi besar menjadi Wakil Ketua DPRD Boltim semakin terbuka.

Menanggapi hal ini, pengamat politik Sulut Dr Ferry Liando mengatakan, esensi dari politik adalah kedaulatan rakyat. Artinya siapa pun yang dipilih rakyat harus diterima. Dia pun menekankan terpilihnya kerabat pejabat bukanlah suatu hal yang perlu dibesarkan. Menurutnya jika sang caleg memiliki moralitas yang baik dan juga kapasitas serta populer di tengah masyarakat maka pasti akses untuk terpilih semakin mudah. "Itu adalah hal yang wajar," katanya.

Namun, dia pun berharap semua caleg yang terpilih benar-benar mampu memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya. "Jika sudah menjadi anggota legislatif maka harus mampu mempertanggungjawabkan apa yang didapat dan bekerja dengan baik. Paling penting memiliki kemampuan bukan hanya mengandalkan orang lain," tandasnya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar